Pilgub Kalsel 2020

33 'Malaikat' Dilantik, Tugasnya Mengawasi Jalannya Pilgub Kalsel 2020 di Tanahlaut

Usai mengikuti seleksi, Panwascam terpilih Kabupaten Tanahlaut dilantik di Balairung Tuntung Pandang Senin (23/12/2019).

33 'Malaikat' Dilantik, Tugasnya Mengawasi Jalannya Pilgub Kalsel 2020 di Tanahlaut
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Ucapan selamat kepada anggota Panwascam Kabupaten Tanahlaut yang telah dilantik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Usai mengikuti seleksi, Panwascam terpilih Kabupaten Tanahlaut dilantik di Balairung Tuntung Pandang Senin (23/12/2019).

Sebanyak 33 guardian angel sebutan yang disematkan Assisten Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanahlaut, Bambang Kusudarisman kepada anggota panwascam yang dilantik dan diambil sumpah oleh Bawaslu Kabupaten Tanahlaut. Sebutan itu ia sebut saat menyampaikan sambutannya.

"Iya guardian angel kan, mereka seperti malaikat yang tugasnya mengawasi jalannya Pilgub 2020 nanti," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id usai membuka acara.

Ia meminta sebagai pengawas anggota panwascam di 11 kecamatan bisa bekerja secara jujur dan ikhlas.

Raffi Ahmad Kecelakaan & Ucap Ini! Nagita Slavina Sampai Tertegun, Ibunda Rafathar : Astaghfirullah

LINK Video Streaming Online RCTI Indonesian Idol 2019 Top 10 Spektakuler Show 6, Live Malam Ini

Mendadak Ibra Azhari Dibawa ke Klinik Kesehatan Setelah Adik Ayu Azhari Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Kabupaten Tanahlaut menjadi kabupaten kelima yang sudah melantik anggota Panwascam. Sebelumnya juga ada Tanahbumbu, Kotabaru, HST dan HSS.

"Seharusnya 23 Desember ini serentak, tapi ternyata kabupaten lain masih ada panwascamnya yang belum memenuhi persyaratan khususnya belum selesai syarat sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba," ujar Katua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah.

Namun terangnya seluruh anggota panwascam di Kalsel dipastikan harus segera melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah di Desember 2019 ini juga.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Tanahlaut Gunawan Rahayu mengatakan berbeda dengan tahun lalu, 33 anggota panwascam kali ini sudah melewati tahapan seleksi secara berkas administrasi, tes CAT, dan wawancara kepada 191 pendaftar. Sehingga akhirnya terpilih masing-masing kecamatan tiga anggota panwascam di masing-masing kecamatan.

Hampir 96 persen anggota panwascam terpilih memiliki latar pengalaman kepemiluan, baik sebagai pengawas di tingkat TPS, Kelurahan/Desa, KPPS hingga PPK. Termasuk di antarnya panwascam lama pada pemilu 2019 lalu.

Gunawan juga memastikan pada Pilgub 2020 nanti anggota panwascam memiliki sekretariat sendiri.

"Anggarannya ada di Pemprov dan memang ada anggaran sekretariat untuk panwascam," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved