Berita Kesehatan

Banyak yang Percaya Persalinan Normal Bikin Bentuk Vagina Berubah, Mitos atau Fakta Ya?

Sebagian wanita mungkin penasaran mengenai bentuk vagina mereka setelah melahirkan secara normal.

Banyak yang Percaya Persalinan Normal Bikin Bentuk Vagina Berubah, Mitos atau Fakta Ya?
banjarmasinpost.co.id/desktophdphoto.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebagian wanita mungkin penasaran mengenai bentuk vagina mereka setelah melahirkan secara normal.

Pertanyaan itu bisa jadi normal mengingat hal tersebut bersinggungan langsung dengan kenyamanan pribadi hingga masalah keharmonisan dengan pasangan.

Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan dari RSUD Bung Karno Surakarta, dr. Andy Wijaya, Sp.OG, mengungkapkan meski tak selalu berani disampaikan secara terbuka, banyak wanita yang menyampaikan rasa khawatir akan bentuk vagina mereka setelah melahirkan terutama secara normal.

Menurut ia, pertanyaan-pertanyaan itu dapat menghantui wanita hingga tak sedikit dari mereka yang memilih untuk melahirkan dengan jalan operasi caesar saja.

Mendikbud Nadiem Sebut Ujian Sekolah Pilihan Ganda Menutup Pengembangan Siswa, Gimana di USBN 2020?

Heboh Video Syur Mirip Cupi Cupita yang Beredar & Viral, Senasib Gisella Anastasia & Nagita Slavina?

Kopilot Lion Air Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Hotel, Terungkap Jejak Rekam Aryo Selama Karirnya

Menjawab persoalan itu, Dokter Andy menerangkan, berdasarkan kasus yang ia temui, kondisi atau bentuk vagina pada wanita yang melahirkan secara normal dibandingan yang melahirkan dengan operasi caesar tidak ada perbedaan yang signifikan.

“Saya pernah membaca juga penelitian di Amerika yang membandingkan kondisi vagina wanita yang melahirkan dengan operasi caesar dan yang melahirkan secara normal, nyatanya taka da perbedaan yang bermakna,” jelas Andy saat diwawncara Kompas.com, Sabtu (12/12/2019).

Ia menjelaskan , vagina memiliki kekuatan dan daya lentur yang luar biasa sehingga sangat mungkin bisa kembali seperti sedia kala setelah melahirkan.

Otot-otot vagina diketahui memiliki banyak lipatan yang memungkinkannya bekembang saat berhubungan seks maupun persalinan secara normal.

Cara kembalikan otot vagina jadi kuat

Dokter Andy menyarankan para wanita atau ibu-ibu yang ingin panggul dan otot-otot vaginanya kembali kuat setelah kehamilan untuk rutin melakukan latihan otot kegel.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved