Berita HST

Raih Adipura di Provinsi, Kadis LH dan Perhubungan HST Optimis Dapatkan Adipura di Tingkat Nasional

Pemkab HST dinyatakan bakal mendapatkan penghargaan adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bersama 11 Kabupaten/Kota lainnya.

Humas Pemkab Tabalong
Ilustrasi-Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menyarahkan Piala Adipura ke Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin (14/1/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dinyatakan bakal mendapatkan penghargaan adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan bersama 11 Kabupaten/Kota lainnya.

11 Kabupaten/Kota lainnya yang mendapat penghargaan ini yakni Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tabalong, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Balangan. Hal itu berdasarkan surat undangan penerimaan penghargaan adipura tingkat provinsi bernomor 660/952-PS/PSLB3K/DLH/2019.

Hadiahnya satu unit truk pengangkut sampah. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST, M Yani membeberkan penghargaan ini bakal diserahkan pada Senin 30 Desember mendatang bersama hadiahnya satu unit truk di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Truk ini rencananya bakal dipergunakan sebagai armada pengangkut layanan sampah di HST.

Pantau Pelabuhan Trisakti dan Alur Barito, Basarnas Banjarmasin Turunkan KN SAR Laksmana

Diduga Mengantuk, Pengemudi Doubel Kabin Menabrak Kios Ponsel dan Pagar Mesjid di Karangredjo

Totok Suwarto Tutup Usia, Begini Kesan Bupati H Sukamta Tentang Sosok Mantan Bupati Era 80-an

Tak Kenali Petugas, Pengedar Narkoba di Banjarmasin Ini Diciduk Polisi Menyamar

Lalu bagaimana Adipura di tingkat nasional? M Yani mengaku hingga saat ini penghargaan Adipura tingkat nasional belum ada kabar.

Meski demikian, ia optimis akan mendapat penghargaan adipura tingkat nasional.

Pasalnya, nilai yang didapat rata-rata di atas passing grade yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup sebesar 75.

Diakuinya masih ada nilai yang rendah seperti rumah sakit, pasar, dan puskesmas. Ketiganya mendapat nilai 74. Di bawah passing grade 75.

M Yani optimis bakal mendapat penghargaan adipura ini bukan tanpa alasan. Menurutnya, nilai yang rendah tertutupi dengan tingginya nilai bank sampah dan tempat pembuangan akhir sampah (TPA). Di mana TPA sebesar 80 dan bank sampah 79.

"Ke depan yang masih kurang perlu dibenahi lagi," katanya.

Halaman
12
Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved