Berita Batola

Harta Terpidana Korupsi Jembatan Mandastana Batola Dilelang, Mobil Mazda Cuma Laku Segini

Harta milik Rusman Adji direktur utama PT Citra Bakumpai Abadi terpidana korupsi pembangunan Jembatan Mandastana, Kabupaten Batol

Harta Terpidana Korupsi Jembatan Mandastana Batola Dilelang, Mobil Mazda Cuma Laku Segini
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Jembatan Mandasatana di Desa Bangkit Baru, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Batola yang runtuh pada 17 Agustus 2017 silam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Harta milik Rusman Adji direktur utama PT Citra Bakumpai Abadi terpidana korupsi pembangunan Jembatan Mandastana, Kabupaten Batola berupa mobil mazda Nopol DA 969 RA sudah laku Rp46 juta saat lelang terbuka untuk masyarakat umum.

“Iya harta H Rusman berupa mobil mazda sudah dilelang dan laku sekitar Rp46 jutaan,” kata Aris Rochmad Sopiyan Kepala Seksi Lelang Kantor pelayanan kekayaaan negara dan lelang (KPKNL) Banjarmasin, Minggu (26/12/19),

Menurut Aris, lelang mobil H Rusman Rp46 juta itu telah digelar di Pengadilan Negeri (PN) Marabahan. Sepertinya pokok lelang itu Rp46 juta dan juga laku Rp46 juta. Yang menbuat limit harga dari lelang harta H Rusman itu dari pihak pemohon lelang dan KPKNL sebagai perantara itu menjual sesuai limit yang diajukan.

“Lelang yang digelar harta H Rusman berupa mobil itu digelar di kantor Kejari Marabahan,” katanya.

Akhirnya Syahrini Akui Kenal Reino Barack Saat Jadi Kekasih Luna Maya, Bukti Teman Makan Teman?

Masuknya Gavin Kwan Adsit-Hariono-Nadeo, Bali United Bak Miniatur Timnas, Tunggu Hasilnya di 2020

Kecurigaan Ashanty pada Aurel Hermansyah & Atta Halilintar, Istri Anang Cium Ada yang Ditutupi

Ditambahkannya, lelang mobil Mazda milik H Rusman itu dibuka untuk umum dan sesuai prosedur juga sudah diumumkan di media massa. KPKNL Banjarmasin tidak bisa menghargai harga mobil H Rusman, tapi dari pihak pemohon lelang yang mengajukan harga limit.

“Kami pun tidak punya kewajiban melihat barangnya. Itu semua tergantung dari pihak pemohon lelang. Kita tak boleh berpendapat, mobil mazda itu murah atau mahal harganya,” kata Aris.

Menurutnya, begitu sudah diumumkan di koran lelang mobil, maka KPKLN segera dilakukan lelang mobil tersebut. Lelang mobil H Rusman dilakukan pada 23 November 2019 silam. Lelang mobil secara umum memang cepat laku dan banyak peminatnya.

Aris Rochmad Sopiyan Kepala Seksi Lelang Kantor pelayanan kekayaaan negara dan lelang (KPKNL) Banjarmasin
Aris Rochmad Sopiyan Kepala Seksi Lelang Kantor pelayanan kekayaaan negara dan lelang (KPKNL) Banjarmasin (banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Sementara itu Kantor KPKNL Banjarmasin terkendala tiga surat pendukung untuk melakukan survai 13 lokasi tanah harta milik Rusman Adji direktur utama PT Citra Bakumpai Abadi terpidana korupsi pembangunan Jembatan Mandasatana senilai Rp16,3 miliar.

“Iya kita masih menunggu tiga surat pendukung dari Kejaksaan Negeri Marabahan untuk melakukan survai 13 tanah Harta H Rusman sebelum dilakukan lelang,” kata Rony Edy Susanto, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian KPKNL Banjarmasin.

Menurut Rony, tiga surat tersebut yakni surat keputusan yang berkekuatan hukum tetap (ingkraht), surat penyitaan dan berita acara penyitaan. Nah, kekurangan tiga surat ini sudah disampaikan lewat surat ke Kajari Marabahan.

Dijelaskan Rony, KPKNL memang sudah menerima permohonan penilaian harta H Rusman dari Kajari Marabahan tertanggal 1 Oktober 2019 silam. Namun surat yang disampaikan pihak Kajari Marabahan ini masih kekurangan tiga surat pendukung.

“Setelah kita lakukan penelitian berkas ada tiga surat pendukung yang kurang dan harus segera dilengkapi yakni surat keputusan yang berkekuatan hukum tetap (ingkraht), surat penyitaan dan berita acara penyitaan,” kata Rony.

Dipaparkan Rony, berdasarkan peraturan menteri keuangan (PMK) No 8 Tahun 2018, disebutkan untuk barang rampasan yang telah memiliki kekuangan hukum tetap sebelum dilakukan lelang, maka perlu dilakukan penilaian terlebih dahulu.

“Waktu dilelang perlu nilai limit dan kami harus melakukan penilaian harta barang rampasan. Nah untuk melakukan penilian, kita perlu tiga surat tersebut” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved