PLN UIP Kalbagteng

Wujudkan Kerja Nyata, PLN Gelar Syukuran atas Beroperasinya Gardu Induk 150 kilo Volt (kV) Kotabaru

Wujudkan Kerja Nyata, PLN Gelar Syukuran atas Beroperasinya Gardu Induk 150 kilo Volt (kV) Kotabaru

Wujudkan Kerja Nyata, PLN Gelar Syukuran atas Beroperasinya Gardu Induk 150 kilo Volt (kV) Kotabaru
PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng
Gardu Induk Kotabaru 150 kV ini mendapat aliran listrik yang berasal dari PLTU Asam-Asam dengan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - PLN terus menunjukan kontribusi aktifnya dalam hal mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur ketenaga listrikan.

Kontribusi ini diwujudkan dalam pembangunan kabel tanah laut, transmisi dan Gardu Induk 150 kilo Volt (kV) Kotabaru yang telah dioperasikan pada hari Minggu (29/12/2019).

General Manager PLN UIP Kalimantan Bagian Tengah bersama Executive Vice President (EVP) Operasional PLN Regional Kalimantan, GM PLN UIW Kalselteng, serta Wakil Bupati Kotabaru menggelar acara tasyakuran atas beroperasinya Gardu Induk 150 kV Kotabaru dengan kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA).

"Terimakasih kepada PLN karena telah memenuhi harapan dan ekspekstasi masyarakat terhadap PLN dengan membangun kabel tanah laut dan transmisi 150kV. Artinya investasi apapun bisa dilakukan di Kotabaru dan hari ini tantangan itu telah diwujudkan oleh PLN. Hal ini membuktikan bahwa komitmen PLN untuk melistriki seluruh Kalimantan tidak diragukan lagi," kata Burhanudin, Wakil Bupati Kotabaru.

Wakil Bupati Kotabaru Baharudin memberi sambutan saat tasyakuran atas beroperasinya Gardu Induk 150 kV Kotabaru dengan kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA).
Wakil Bupati Kotabaru Burhanudin memberi sambutan saat tasyakuran atas beroperasinya Gardu Induk 150 kV Kotabaru dengan kapasitas 30 Mega Volt Ampere (MVA). (PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng)

Pencapaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini menjadi bukti nyata PLN dalam mendukung perkembangan daerah.

Selama ini pasokan listrik di daerah Kotabaru disuplai oleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan bahan bakar BBM dengan daya mampu sebesar 15,5 MW.

Beroperasinya Gardu Induk 150 kV Parenggean ini, tentu menjadi bukti dari upaya PLN untuk terus mendukung Pemerintah dari segi ketersediaan suplai energi.
Beroperasinya Gardu Induk 150 kV Parenggean ini, tentu menjadi bukti dari upaya PLN untuk terus mendukung Pemerintah dari segi ketersediaan suplai energi. (PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng)

Beban Puncak daerah Kotabaru saat ini sebesar 15 MW. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan listrik dan mengantisipasi pertumbuhan beban dan pertumbuhan ekonomi di daerah Kotabaru dan sekitarnya maka dibangunlah GI 150 kV Kotabaru 30 MVA, selain itu juga sebagai program de-diselilasasi PLTD atau pengurangan pemakaian bahan bakar solar.

Gardu Induk Kotabaru 150 kV ini mendapat aliran listrik yang berasal dari PLTU Asam-Asam dengan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV sebanyak 112 Tower dari Gardu Induk Batulicin dan melalui kabel laut sepanjang 4.216 KMS atau sekitar 3,84 Kilometer dari landing point batulicin ke landing point Kotabaru.

YBM PLN UIP Kalbagteng menyerahkan santunan kepada anak yatim dhuafa.
YBM PLN UIP Kalbagteng menyerahkan santunan kepada anak yatim dhuafa. (PT PLN (Persero) UIP Kalbagteng)

Dengan beroperasinya Gardu Induk 150 kV Kotabaru ini, tentu menjadi bukti dari upaya PLN untuk terus mendukung Pemerintah dari segi ketersediaan suplai energi listrik yang andal, khususnya dalam kemudahan mendapatkan energi listrik bagi para pelaku investasi, meningkatkan rasio elektrifikasi serta mempercepat pembangunan infrastruktur yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bersama itu juga YBM PLN UIP Kalbagteng menyerahkan santunan kepada anak yatim dhuafa sebagai aksi peduli cinta anak yatim. (aol/*)

Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved