Berita Banjarbaru

Cuma 1 Malam, Perbaikan Plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor Tuntas

Peristiwa lepasnya plafon akibat curah hujan sangat lebat disertai angin kencang tidak mempengaruhi operasional dan pelayanan bandara.

Cuma 1 Malam, Perbaikan Plafon Terminal Keberangkatan Bandara Syamsudin Noor Tuntas
Humas PT Angkasapura Syamsudin Noor.
Plafon yang sempat jebol karena tiupan angin kencang sudah selesai diperbaiki dalam satu malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Peristiwa lepasnya plafon akibat curah hujan sangat lebat disertai angin kencang tidak mempengaruhi operasional dan pelayanan bandara.

Akibat hujan sangat lebat sejak dini hari disertai angin kencang yang menerpa bangunan terminal Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin mengakibatkan terlepasnya sebagian plafon yang berukuran 3x5 meter di ujung terminal bandara tersebut pada Minggu pukul 04.00 WITA (29/12) pagi

Untuk mengatasi hal ini tersebut, pihak pengelola Bandara Syamsudin Noor meresponnya dengan langsung memperbaiki bagian plafon yang rusak. Minggu malam ini pukul 24.00 WITA pekerjaan tersebut telah berhasil diselesaikan.

Ruben Onsu Pergoki Betrand Peto Lakukan Ini di Kamar Mandi, Suami Sarwendah Geleng-geleng Kepala

Pernikahan Luna Maya Disebut Terjadi di 2020, Ini Pengakuan Eks Ariel NOAH Soal Pria yang Dekatinya

Ada Angkutan Gratis Bagi Jemaah Haul Guru Sekumpul, Dishub Banjarbaru Sudah Siapkan13 Armada

"Kami langsung melakukan perbaikan pada bagian plafon yang rusak imbas angin kencang yang melanda area terminal kemarin. Pekerjaan perbaikan dilakukan oleh kontraktor pembangunan terminal mengingat terminal baru ini masih dalam masa pemeliharaan. Kami sampaikan juga kejadian tersebut sama sekali tidak berdampak terhadap operasional dan pelayanan bandara. Angkasa Pura I berkomitmen bahwa kejadian tersebut tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang dengan senantiasa berupaya mengikuti prosedur perawatan dan pemeliharaan fasilitas layanan bandara sesuai dengan prinsip K3 yang telah dicanangkan pada seluruh bandara Angkasa Pura I," ungkap Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan.

Peristiwa jatuhnya plafon berukuran 3x5 meter tersebut disebabkan tinggi dan lebatnya curah hujan sejak dini hari yang disertai angin kencang. "Debit air yang besar tidak terdistribusi dengan baik sehingga dak beton penuh dan turun ke plafon. Ternyata setelah dilakukan pengecekan, terjadi sumbatan pada saluran pembuangan oleh pekerjaan yang belum sepenuhnya dibersihkan. Hal inilah yang mengakibatkan air melimpah dan jatuh pada area plafon terminal," terang Handy.

Setelah dilakukan pembersihan sisa semen dan kotoran, air dapat mengalir dengan baik. "Perbaikan tersebut telah berhasil diselesaikan Minggu malam ini pada pukul 24.00 WITA," imbuh Handy.

Sebagai _corrective action_ untuk memastikan kejadian serupa tidak terulang, kontraktor menambahkan perkuatan pada penahan pipa talang dan rangka plafon. PT PP dan Wika Gedung sebagai kontraktor Proyek Pembangunan Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melakulan pemeriksaan ulang pipa down spot di posisi gatter maupun dak beton selasar.

"Kami juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pengguna jasa akibat kejadian ini dan berupaya memastikan bahwa ke depan kejadian serupa tidak terulang kembali," ucap Handy. (banjarmasinpost.co.id/lis).

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved