Bumi Tuntung Pandang

Kabupaten Tanahlaut Raih Adipura Tingkat Provinsi, Juga Dapat Bantuan Satu Unit Truk Kebersihan

Kabupaten Tanahlaut (Tala) mendapat penghargaan Adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan kategori kota kecil.

Kabupaten Tanahlaut Raih Adipura Tingkat Provinsi, Juga Dapat Bantuan Satu Unit Truk Kebersihan
Humas Pemprov Kalsel
Tanahlaut Raih Adipura Tingkat Provinsi, Juga Dapat Bantuan Satu Unit Truk Kebersihan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kabupaten Tanahlaut (Tala) mendapat penghargaan Adipura tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan kategori kota kecil.

Hal tersebut terungkap saat digelarnya acara penyerahan penghargaan anugerah Adipura, Adiwiyata dan Properda tingkat Provinsi Kalsel dan penyerahan bantuan kendaraan roda tiga, Senin (30/12/2019) yang bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel.

Tak hanya penghargaan Adipura, pada kesempatan tersebut Tala juga mendapatkan bantuan berupa satu unit truk kebersihan.

Turut berhadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Harris Makkie, para Kepala Daerah se-Kalsel, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Ir. Ikhlas MT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Yusuf Effendi, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kalsel H. Noor Fahmi serta para Kepala Sekolah penerima Adiwiyata.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel Ir. Ikhlas MT menjelaskan bahwa pihaknya telah menganggarkan dana untuk pembelian 10 unit truk dan 2 unit mobil pick up. Kemudian terkait dengan Adiwiyata dalam rangka mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada 60 sekolah Adiwiyata tingkat daerah.

"Tingkat nasional kemarin juga ada, kita ada 10 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata tingkat nasional baik itu Adiwiyata nasional maupun Adiwiyata mandiri," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan program yang dilaksanakan pihaknya yakni Properda (Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Rangka Pengelolaan Lingkungan Hidup) yang juga dilaksanakan setiap tahun.

"Dalam program Properda ada 21 perusahaan, 1 perusahaan mendapat nilai hijau dan 20 lainnya mendapatkan biru. Untuk warna biru berarti sudah melaksanakan kegiatan - kegiatan yang sesuai dengan aturan dan perundang-undangan dalam pengelolaan lingkungan hidup," jelasnya.

Terpisah, Wakil Bupati Tala Abdi Rahman mengatakan, Pemerintah daerah akan terus bekerja keras dan dengan adanya Adipura tersebut menjadi motivasi bagi pihaknya, sebab pelestarian lingkungan adalah salah satu skala prioritas Pemerintah Kabupaten Tala.

"Semua komponen akan kita maksimalkan dalam rangka menjaga pelestarian lingkungan, dan kita patut berbangga karena kita mampu mempertahankan Adipura ini," ujarnya.

Abdi juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah turut serta menjaga lingkungan. Sebab menurutnya, masyarakat adalah ujung tombak pemerintah daerah dalam menjaga kelestarian lingkungan.(AOL/*)

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved