Ajaran Sesat

Ajaran Sesat Lelaki Ini Jadi Sorotan Masyarakat

Kasus ajaran sesat yang terjadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menjadi sorotan masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel)

Ajaran Sesat Lelaki Ini Jadi Sorotan Masyarakat
Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi
Polres HST press rilis pengungkapan kasus dugaan ajaran sesat yang diduga dilakukan Na, awal Desember 2019. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Tindak kriminal yang terjadi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam kurun waktu 2019 mencapai 209 kasus.

Kasus terbanyak masih kasus penyalah gunaan narkotika. Tercatat ada 56 laporan dan kasus selesai semua dengan jumlah tersangka 64. Jumlah ini turun dibanding 2018 lalu dimana, kasus narkotika mencapai 66 laporan dengan jumlah tersangka 74 orang.

Kemudian ada kasus penyalahgunaan senjata tajam tanpa izin. Tercatat ada 25 laporan dengan 25 tersangka di sepanjang 2019. Begitu juga dengan kasus laporan pencurian kendaraan roda dua tercatat ada 25 laporan. Sayangnya kasus pencurian kendaraan bermotor ini hanya dua kasus yang terselesaikan dengan dua tersangka.

Kasus terbanyak selanjutnya, pencurian dengan kekerasan tercatat 28 laporan kasus dengan jumlah kasus yang selesai 15 kasus. Sedangkan tersangka yang diamankan ada 17 orang.

Kemudian kasus penganiayaan dengan pemberatan sebanyak 16 kasus dengan jumlah kasus yang selesai sebanyak 14 dan jumlah tersangka 16 orang. Sisanya, berbagai jenis kasus yang lain.

Dari total 209 laporan yang masuk ke Polres HST, baru 156 kasus terselesaikan dengan total 162 tersangka.

Sementara itu, kasus yang paling menonjol di HST yakni kasus ajaran sesat oleh Na. Mengajarkan ajaran agama selamat, lelaki ini kemudian ditetapkan polisi sebagai tersangka pada 2 Desember 2019 dan ditahan di Polres HST dengan tuduhan penistaan agama.

Dalam ajaran Na, dia menggunakan Bahasa Indonesia dalam salatnya. Tidak menggunakan Bahasa Arab. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved