Berita HST

Pengunjung di Sejumlah Objek Wisata HST Diminta untuk Berhati-Hati

Curah hujan dengan intensitas semakin sering dan lama, membuat debit air sungaimeninggi di beberapa titik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)

Pengunjung di Sejumlah Objek Wisata HST Diminta untuk Berhati-Hati
istimewa
Gua limbuhang Haliau di Kabupaten HST 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Curah hujan dengan intensitas semakin sering dan lama, membuat debit air sungaimeninggi di beberapa titik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Saat Minggu (29/12/2019), debit air sungai tak begitu tinggi. Namun saat hujan turun Senin (30/12/2019) malam hingga Selasa (31/12/2019) pagi, justru membuat debit air sungai meninggi.

Misalnya saja di Desa Masiran, Kecamatan Pandawan, debit air di sungai ini sudah meninggi hingga meluap. Karena itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HST, Budi Haryanto, mengimbau masyarakat yang hendak piknik ke kawasan wisata air agar memperhatikan faktor keselamatan.

Bahkan, dengan intensitas hujan yang semakin sering dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya mengeluarkan edaran imbauan pada 31 Desember 2019. Isi imbauan, masyarakat supaya tetap waspada dengan kemungkinan masih adanya potensi hujan deras yang bisa memunculkan bencana banjir dan juga tanah longsor.

Selain itu, ia juga berharap masyarakat yang berada di sekitar pegunungan, sungai dan daerah tinggi serta yang rawan banjir agar waspada terhadap bencana alam susulan, banjir dan longsor.

Sedangkan kepada pengola objek wisata, supaya memperhatikan curah hujan dan peningkatan deut air. Juga, mengonfirmasi kondisi terkini kepada pengunjung, melengkapi peralatan evakuasi, pertolongan dan penanganan jika terjadi banjir, tanah longsor, dan puting beliung di lokasi wisata.

“Yang terpenting, selalu berkoordinasi dengan aparat desa dan stakeholder terkait di wilayah tempat wisata yang dikelola dan BPBD HST untuk melakukan mitigasi bencana,” pinta Budi Haryanto.

Sementara itu, Pengelola Wisata Gua Limbuhang Haliau, Rosyadi, memprediksi akan ada 2.000 orang yang berkunjung. “Debit air memang meningkat. Ini yang membuat pemandagan lebih keren,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved