Berita Banjarmasin

Sorotan Habib Aboe Bakar Alhabsyi Pada Kejadian HAM dan Hukum Sepanjang 2019

Sejumlah kejadian terkait Hak Asasi Manusia (HAM) dan bidang hukum sepanjang 2019 menjadi sorotan Anggota Komisi III DPR RI.

Sorotan Habib Aboe Bakar Alhabsyi Pada Kejadian HAM dan Hukum Sepanjang 2019
teropong senayan
Aboe Bakar Alhabsy 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sejumlah kejadian terkait Hak Asasi Manusia (HAM) dan bidang hukum sepanjang 2019 menjadi sorotan Anggota Komisi III DPR RI.

Beberapa di antaranya menjadi sorotan.

Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Kalsel, Habib Aboe Bakar Alhabsyi menerangkan, turunnya tindak pidana terorisme pada tahun 2019 perlu diapresiasi, menurut catatan Polri ada sembilan aksi terorisme seperti bom bunuh diri sejak awal tahun ini.

Menurut dia, jumlah tersebut turun 52,6% dibanding 2018 yang mencapai 19 aksi. Sepanjang tahun lalu, pelaku terorisme mencapai 395 orang. Sedangkan pada tahun ini, jumlahnya menurun menjadi 297 orang.

"Berbagai upaya pencegahan perlu terus dilakukan untuk menekan agar tindakan terorisme tidak terjadi lagi," ucap Legislator Fraksi PKS DPR RI ini, Selasa (24/12/2019).

Puluhan Contoh Ucapan Selamat Tahun Baru 2020, Kata Mutiara Pergantian Tahun 2019 via IG, FB, WA

Video Perlakuan Sarwendah pada Betrand Peto di Pesawat Disorot, Istri Ruben Onsu Tak Canggung Begini

Video Aksi Baju Nikita Mirzani Dibakar Billy Syahputra Tuai Kecaman, Sohib Uya Kuya Itu Ungkap Fakta

Sementara itu, upaya keras Badan Narkotika Nasional dalam melawan peredaran narkoba juga perlu diapresiasi, pada tahun 2019 ini setidaknya menurut laporan BNN, mereka telah mengungkap sebanyak 33.371 kasus.

Namun kerja kerjas ini perlu ditingkatkan karena pengguna narkoba di Indonesia meningkat 0,03 persen, sehingga saat ini kurang lebih ada 3,6 juta pengguna di Indonesia.

Karenanya BNN perlu berkolaborasi dengn berbagai pihak untuk optimalisasi kerja melawan peredaran narkoba di Indonesia.

"Pada sisi lain perlu ada beberapa hal yang dievaluasi. Misalkan saja jika melihat laporan dari para aktifis, sepertinya penegakan HAM di Indonesia pada 2019 ini banyak catatan," ucap Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan DPR ini kepada banjarmasinpost.co.id

Lebih lanjut Habib Aboe Bakar Alhabsyi menjelaskan, Koalisi Peringatan Hari HAM (Koper HAM) mencatat Sepanjang 2019 sedikitnya terjadi 51 kasus pelanggaran HAM dan belum diselesaikan oleh pemerintah.

Halaman
12
Penulis: Rendy Nicko
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved