Breaking News:

Berita Banjarmasin

Ada 88 Kali Kebakaran Selama 2019, BPBD Banjarmasin akan Data Rumah Instalasi Listrik Semrawut

Ada 88 Kali Kebakaran Selama 2019, BPBD Banjarmasin akan Data Rumah Instalasi Listrik Semrawut

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani | Editor: Royan Naimi
banjarmasinpost.co.id/abdul ganie
Potret salah satu kondisi pasca kebakaran yang cukup besar di Alalak Selatan kota Banjarmasin Kalsel September 2019 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak bisa dipungkiri, musibah kebakaran masih menjadi momok bagi warga Kalsel terutama Kota Banjarmasin.

Kedatangannya yang terkadang juga tidak terduga, baik disebabkan ketidaksengajaan atau kelalaian, tak pelak sederet kejadian pun sempat melanda sejumlah pemukiman di kota berjuluk seribu sungai.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin mengenai hal ini bahkan mencatat sedikitnya sebanyak 88 kali kebakaran terjadi di kota Banjarmasin sepanjang 2019 lalu.

88 intensitas tersebut bila dirinci tambah Muhammad Hilmi terdiri dari 67 kali kebakaran permukiman, 20 kali kebakaran bangunan lainnya seperti kios, toko, dan lainnya.

5 Trik Bikin Wajah Terlihat Tirus, Dimulai dari Pilih Foundation Hingga Bikin Lengkungan

Akhirnya Yuni Shara & Ibu Krisdayanti Dievakuasi Usai Viral Pose Eks Raffi Ahmad Saat Banjir Jakarta

Kelakuan Betrand Peto Sehabis Mandi Malam Dibongkar Ruben Onsu, Suami Sarwendah Bilang Ini

Janggalnya Sikap Ariel NOAH Saat Manggung di Pantai Ancol, Takut Bencana Ifan Seventeen Terulang?

" Sedangkan sisanya atau sebanyak satu kali kebakaran menimpa sebuah speed boat dengan kerugian sekitar Rp 49.751.719.000," jelas Kepala BPBD Kota Banjarmasin itu.

Lebih lanjut ia juga mengingat jumlah ini bila dibanding dengan sederet kejadian serupa pada tahun sebelumnya mengalami peningkatan atau sebesar 10 persen, Hilmi mengatakan tentu pihaknya pun tidak tinggal diam.

Adapun upaya-upaya tersebut diantaranya melakukan pemetaan wilayah rawan bencana, bekerja sama dengan PLN guna mendata rumah yang instalasi listriknya semrawut yang hasilnya nanti akan diserahkan ke dinas perumahan dan permukiman.

" Dan juga sosialisasi karhutla serta kebakaran perumahan bekerja sama dengan kejaksaan, kepolisian, kodim, pertanian serta tentunya pemadam kebakaran kota Banjarmasin," jelasnya.

Tidak hanya kebakaran, pada 2019 tadi pihaknya juga mencatat sejumlah peristiwa terkait pohon tumbang akibat hujan deras dan angin kencang.

Pasalnya atas fenomena alam itu telah mengakibatkan sebanyak 19 kejadian yang menimbulkan 21 pohon tumbang menutup akses jalan umum.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved