Objek Wisata

Dibalik Selamatan Pantai Muara Sabuhur Suaka Margasatwa Pelaihari, Ada Pontensi Wisata yang Menarik

Dibalik Selamatan Pantai Muara Sabuhur Suaka Margasatwa Pelaihari, Ada Pontensi Wisata yang Menarik

Editor: Royan Naimi
dok bksda kalsel
Potensi wisata di Muara Sabuhur Suaka Margasatwa Pelaihari di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut, Kalsel, satu diantaranya adalah camping ground dengan panorama alam pantai dan sunrise. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MUARA SABUHUR - Pada hari Senin, 30 Desember 2019 lalu, warga Dusun Pantaibaru, Muara Sabuhur, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan menggelar acara Selamatan Pantai.

Acara ini diadakan sebagai wujud rasa syukur nelayan setempat menjelang musim ikan tiba serta atas apa yang telah didapatkan dari hasil laut.

Selamatan Pantai ini juga sebagai bagian dari melestarikan budaya leluhur dan menjalin silaturahmi serta mempererat kekeluargaan khususnya bagi warga setempat. 

Hadir dalam acara ini Kepala Balai KSDA Kalsel Mahrus, Aryadi, Camat Jorong M Alfan Rosidi Anwar, Kepala SKW I Pelaihari Mirta Sari, Danramil Jorong, Kades Sabuhur danaparat desa, Kepala Resort SM Pelaihari Akhmad Fauzan, pendukung acara serta tokoh masyarakat dan warga Desa Sabuhur. 

VIRAL FOTO Taman di Samping Masjid Ini Terlihat Hijau dan Asri, Padahal Jakarta Lagi Dikepung Banjir

Alasan Mau Irit dan Hemat, Ternyata Makan Tempe Setiap Hari Berisiko Terserang Penyakit Ini

Tarif Listrik Non Subsidi Tak Naik Hingga Maret 2020, Segini yang Harus Dibayar Versi Pemerintah

Pembangunan Jembatan Kayu Tangi Ujung Capai 58 Persen

Ribuan Keluarga di Banjarmasin Tak Cairkan Bantuan, Penyebabnya Bakal Dicari

Dusun Pantai Baru atau yang lebih dikenal dengan Kampung Muara Sabuhur merupakan permukiman nelayan yang berada di dalam Kawasan Suaka Margasatwa Pelaihari, merupakan bagian dari pengelolaan BKSDA Kalsel melalui Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari.

Selamatan Pantai tidak bisa dipisahkan dengan nelayan, karena merupakan tradisi dan budaya leluhur warga setempat yang rutin diadakan setiap tahun, namun hanya dalam bentuk sederhana. 

Melihat hal tersebut pada tahun ini BKSDA Kalsel bersama warga setempat mencoba untuk menampilkan acara tersebut dalam bentuk wisata budaya yang lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya. 

Camat Jorong M Alfan Rosidi Anwar, dalam sambutannya, mengatakan, acara Selamatan Pantai merupakan budaya masyarakat yang perlu dilestarikan. 

Acara Selamatan Pantai, digelar warga Dusun Pantaibaru Muara Sabuhur bersama BKSDA Kalsel pada Senin (30/12/2019) lalu.
Acara Selamatan Pantai, digelar warga Dusun Pantaibaru Muara Sabuhur bersama BKSDA Kalsel pada Senin (30/12/2019) lalu. (dok bksda kalsel)

Selain itu acara tersebut dapat dijadikan sebagai bagian dari wisata yang perlu dikembangkan di wilayah Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanahlaut. 

Camat Jorong sangat mendukung terselenggaranya Selamatan Pantai serta menyampaikan siap membantu terkait penyelenggaraan di tahun berikutnya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Kalsel Mahrus Aryadi menyampaikan acara ini dalam rangka memperkuat komunikasi dan hubungan emosional antara BKSDA Kalsel dengan masyarakat sekitar kawasan. 

Selain itu juga untuk melaksanakan bagian dari keagamaan dan Ukhuwah Islamiyah serta mendukung acara selamatan pantai sebagai bentuk permohonan kepada Yang Maha Kuasa terkait kelancaran dan keberkahan masyarakat nelayan di dalam beraktifitas. 

Potensi wisata yang bisa dikembangkan di Muara Sabuhur antara lain, wisata susur sungai, wisata memancing, camping ground dengan panorama alam pantai dan sunrise, pengamatan satwa liar (Bekantan, Buaya Muara dan berbagai jenis burung) serta wisata budaya oleh masyarakat nelayan setempat. 
Potensi wisata yang bisa dikembangkan di Muara Sabuhur antara lain, wisata susur sungai, wisata memancing, camping ground dengan panorama alam pantai dan sunrise, pengamatan satwa liar (Bekantan, Buaya Muara dan berbagai jenis burung) serta wisata budaya oleh masyarakat nelayan setempat.  (dok bksda kalsel)

“Komunikasi bersama harus dibangun antara masyarakat dan pemangku kawasan di dalam mengelola kawasan melalui skema kemitraan konservasi terkait pengembangan wisata di Muara Sabuhur” ujar Mahrus.

Selain itu Mahrus mengharapkan Selamatan Pantai ini dapat menjadi agenda wisata tahunan yang harus dikemas lebih baik dengan menampilkan panorama Pantai Muara Sabuhur yang indah dan mengembangkan sarana kelotok dengan akses melalui sungai sehingga bisa menambah pendapatan masyarakat. 

Menurut tokoh masyarakat setempat, Nordin, acara Selamatan Pantai tahun ini diharapkan sebagai sebuah permulaan yang baik dalam mengenalkan budaya masyarakat dan potensi yang ada di Muara Sabuhur Suaka Margasatwa Pelaihari

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Resort SM Pelaihari, potensi wisata yang bisa dikembangkan antara lain, wisata susur sungai, wisata memancing, camping ground dengan panorama alam pantai dan sunrise, pengamatan satwa liar (Bekantan, Buaya Muara dan berbagai jenis burung) serta wisata budaya oleh masyarakat nelayan setempat. 

Masyarakat Desa Sabuhur  sangat mengharapkan dukungan dari B KSDA Kalsel dan pemerintah daerah untuk membina warga dan mengembangkan Muara Sabuhur menjadi destinasi wisata. 

Selain itu, masyarakat juga siap mendukung dan menjadi bagian dari upaya pelestariankawasan Suaka Margasatwa Pelaihari. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved