Berita Banjarmasin

Sudah Rampung Pertengahan 2019, Taman Edukasi Simpang Ulin Banjarmasin Belum Optimal Beroperasi

Meski secara fisik pengerjaan Taman Edukasi Jalan Simpang Ulin Kota Banjarmasin Kalsel, sudah rampung sejak pertengahan 2019 lalu.

Sudah Rampung Pertengahan 2019, Taman Edukasi Simpang Ulin Banjarmasin Belum Optimal Beroperasi
banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani
Taman Edukasi di Jalan Simpang Ulin, Banjarmasin belum juga optimal beroperasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski secara fisik pengerjaan Taman Edukasi Jalan Simpang Ulin Kota Banjarmasin Kalsel, sudah rampung sejak pertengahan 2019 lalu.

Sayangnya, sampai saat ini taman yang dilengkapi dengan fasilitas canggih berupa Wifi Trashbin tersebut belum juga beroperasi optimal.

Kotak sampah yang digadang-gadangkan bisa memberikan jaringan internet gratis hanya dengan memanfaatkan botol bekas juga belum diaktifkan.

Begitu pula keberadaan petugas khusus pada taman tersebut, belum ada yang terlihat siaga.

Debit Air Sungai di Hantakan HST Mulai Naik, Belum Ada Imbauan Penutupan Wisata Air

Sosialisasikan Batas Umur Calon Pengantin, KUA Kapuas Murung Sebut Batas Minimal 19 Tahun

Kebanjiran Job Akhir Tahun, Jasmine Lima Hari Manggung di Tiga Kabupaten

Kecelakaan di Jalanan HSU Meningkat 26 Kali, Kasatlantas Polres HSU Beberkan Faktor Ini

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar saat dikonfirmasi pun memang tidak menampiknya.

Bahkan menurutnya pada 2020 ini, pihaknya pun belum ada menganggarkan secara khusus pemeliharaan atau penempatan petugas di Taman Edukasi seperti ramai pemberitaan.

" Jadi apa yang mungkin disampaikan anggota dewan, kalau mereka menolak anggaran kami tahun 2020 untuk Taman Edukasi. Itu sebenarnya tidak bener. Justru kami belum menganggarkan untuk itu," pungkasnya.

Mukhyar mengatakan justru bila merujuk pada perjanjian kerja sama (PKS) antara DLH dengan pihak ketiga, Taman edukasi akan mulai diserahkan pengelolaan pada 2021 mendatang.

Sehingga seiring itu pula, anggaran pemeliharaan atau penempatan tugas khusus yang sebelumnya belum ada, akan dilaksanakan pada tahun tersebut.

" Pada dasarnya, Taman Edukasi ini kan adalah kerja sama pemerintah kota dengan pihak ke tiga. Sedangkan kami tidak banyak terlibat di sana. Tapi bila merujuk pada PKS terakhir, pihak ketiga siap menyerahkannya ke kami tapi pada tahun 2021. Sedangkan pada 2020 ini silahkan mereka menyelesaikan dulu yang lainnya, " pungkas Mukhyar.

Wifi trashbin taman edukasi di Jalan Simpang Ulin Banjarmasin
Wifi trashbin taman edukasi di Jalan Simpang Ulin Banjarmasin (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Meskipun tambahnya lagi bukan berarti DLH Kota Banjarmasin pun tutup mata atas kondisi dan keberadaan taman yang berlokasi di samping mall tersebut.

Pasalnya meski tidak secara total melainkan hanya melakukan pergeseran kepada petugas kebersihan yang bertugas di kawasan tersebut. Sehingga dengan itu Taman Edukasi tetap mendapatkan perhatian.

2 Warga Kalsel Ditangkap Edarkan Narkoba di Gunungmas Kalteng, Sempat Kabur Gunakan Avanza

Resmi Dioperasikan Kembali, Sampah dari Banjarmasin Mulai Masuk TPA Regional, Sementara Digratiskan

Tahun Baru 2020, Permintaan Smartpohe Baru di Banjarmasin Melonjak

" Makanya dari itu, bila kadang ada di media sosial yang memosting kondisi Taman Edukasi berhamburan dengan sampah. Secara faktual itu sebetulnya bukan tanggung jawab kami. Meskipun kami juga tidak bisa tutup mata. Apalagi mengingat taman tersebut berada di Banjarmasin, sehingga juga mau tidak mau harus dibersihkan. Walaupun sifatnya tidak maksimal atau menempatkan petugas khusus di taman itu, " jelasnya.

Tidak hanya di Taman Edukasi, melainkan perlakuan serupa juga ditujukan pihaknya ke Taman Trotoar Jalan A Yani dari Kilometer 3,5 sampai 6 Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/ahmad rizky abdul gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved