Objek Wisata Kalsel

Uniknya Pasar Terapung di Menara Pandang Banjarmasin dan Asyiknya Susur Sungai Martapura

Objek wisata di Menara Pandang menawarkan berbagai pesona, di antaranya Pasar Terapung dan susur Sungai Martapura.

Uniknya Pasar Terapung di Menara Pandang Banjarmasin dan Asyiknya Susur Sungai Martapura
BANJARMASIN POSTGROUP.CO.ID/SALMAH SAURIN
Pasar Terapung di dekat Menara Pandang. 

BANJARMASINPOST CO.ID, BANJARMASIN - Objek wisata Menara Pandang yang lokasinya di tepi sungai Martapura, Jalan Kapten  Piere Tendean, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menawarkan berbagai pesona di antaranya Pasar Terapung dan susur Sungai Martapura.

Ya, setelah menikmati panorama kota dari lantai tiga Menara Pandang, wisatawan bisa menuju Pasar Terapung yang jaraknya relatif dekat, sekitar 300 meter.

Berjalan di siring arah Jembatan Merdeka, ada dermaga berupa undakan tangga untuk turun menuju lanting bambu, tempat tambat perahu pedagang dan lapak jualan mereka.

Para pedagang yang sebagian besar asal Kampung Kuin dan sekitarnya itu menjual  pisang, nanas, manggis, pepaya, jeruk, sayur mayur, serta hasil kerajinan.

Selain itu adapula pedagang yang menjual makanan khas Banjar macam ketupat, lapat, lontong, soto, laksa, puracit, serabi dan sebagainya.

Banyak wisatawan yang mengabadikan momen saat belanja di Pasar Terapung yang para pedagangnya sejak 6 tahun lalu diajak pemerintah kota Banjarmasin berjualan di situ tiap akhir pekan.

Sunarya, asal Bandung, Jawa Barat yang ke Banjarmasin dalam rangka tugas kantor, termasuk yang asyik berswafoto ria di Pasar Terapung tersebut.

"Hanya ada di Banjarmasin yang seperti ini. Hahaha, pengalaman mengasyikan berwisata di tengah kota. Makan di lanting, menikmati suasana sungai. Hmm, mantul," seru Sunarya.

Adapun Johan, asal Medan, Sumatera Utara, mencoba naik perahu bermesin alias klotok untuk susur sungai Martapura. Ia bersama penumpang lain mengabadikan momen saat melintas di menara pandang.

"Saya tadi menikmati suasana kota Banjarmasin dari perahu. Asyik juga, banyak eksotisme sebagai kota yang terkenal banyak sungainya ini," tandasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Salmah Saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved