Bumi Sanggam

Haul Datu Kandang Haji di Balangan, Bupati Ansharuddin : Jemaah Luar Biasa Banyaknya

Ribuan umat muslim di wilayah Kabupaten Balangan dan luar daerah penuhi lokasi makam Datu Kandang Haji di Desa Telukbayur, Kecamatan Juai

Haul Datu Kandang Haji di Balangan, Bupati Ansharuddin : Jemaah Luar Biasa Banyaknya
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, Ansharuddin menghadiri acara Haul Datu Kandang Haji di Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan,Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Ribuan umat muslim di wilayah Kabupaten Balangan dan luar daerah penuhi lokasi makam Datu Kandang Haji di Desa Telukbayur, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel. Pasalnya, Sabtu (04/01/2020) haul Datu Kandang Haji berlangsung.

Hilir mudik pada jalur menuju tempat haul pun menjadi padat orang dan kendaraan. Puluhan panitia dibantu keamanan dari Polres Balangan dan Kodim 1001/Amuntai-Balangan, serta Dishub Balangan mengatur jalan.

Bupati Balangan H Ansharuddin beserta Ketua DPRD Kabupaten Balangan, Ahsani Fauzan berhadir pada acara haul tersebut.

Terlihat pula Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi dan para tokoh alim ulama yang mendampingi.

Kegiatan haul nampak begitu khidmat digelar. Belum lagi acara tersebut selalu diperingati setiap tahunannya. Jamaah yang datang pun selalu bertambah. Terlebih nama Datu Kandang Haji dikenal sebagai ulama tersohor di wilayah Balangan dan sekitarnya.

Proses haulan diawali dengan pembacaan tahlil yang dipimpin Guru Danau atau KH Asmuni. Kemudian berlanjut pembacaan manakib Datu Kandang Haji oleh Prof Dr Asmaran serta tausiyah Habib Umar dan Guru Danau.

Bupati Balangan H Ansharuddin mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan pada moment tersebut. Ia menyampaikan, rasa syukur karena haulan Datu Kandang Haji kembali bisa terlaksana.

“Setiap tahun selalu bertambah jemaah yang datang ke haulan, luar biasa banyaknya. Alhamdulillah, mudah-mudahan membawa berkah bagi kita semua,” ujarnya.

Orang nomor satu di wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini juga mengharapkan melalui kegiatan haulan tercipta hubungan yang baik dan saling mendukung antar pemerintah, ulama dan masyarakat. Sehingga kebersamaan akan selalu bisa terpelihara.

Ahli waris Datu Kandang Haji, H Tamrin juga merasa bersyukur perhelatan tersebut berlangsung lancar. Terlebih ujarnya, selama 20 tahun terakhir, haulan dibuka secara umum yang sebelumnya hanya diikuti oleh pihak keluarga.

"Ternyata jamaah haulan setiap tahunnya meningkat. Ini membuktikan kewalian beliau," ucap Tamrin.

Ia pun berharap, ke depan, Pemkab Balangan dan Pemerintah Kecamatan Juai turut serta membantu dan memberikan dukungan untuk pelaksanaan haul.

Selain itu Tamrin juga mengajak para ulama ikut serta mensyiarkan islam melalui makam Datu Kandang Haji.(aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved