Berita Regional

Gunung Prau Ditutup sampai April 2020, Ini 5 Alasan Pengelola Tutup Pendakian

Para pendaki Gunung Prau selama empat bulan ke depan dipastikan tidak bisa menikmati keindahan Gunung Prau.

Gunung Prau Ditutup sampai April 2020, Ini 5 Alasan Pengelola Tutup Pendakian
(Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya)
Idahnya panorama di salah satu puncak Gunung Prau yang menjadi surga bagi pendaki 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA -  Para pendaki Gunung Prau selama tiga bulan ke depan dipastikan tidak bisa menikmati keindahan Gunung Prau.

Pasalnya, Gunung Prau yang berlokasi di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo akan ditutup mulai 6 Januari 2020 sampai 3 April 2020. 

"Pendakian masih diperbolehkan terakhir Sabtu (4/1/2020). Pada jam 00.00 WIB tanggal 6 Januari, sudah steril tidak ada pendaki di Gunung Prau," kata Ahmad ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/1/2020) sore.

Adapun penutupan jalur pendakian berlaku untuk semua jalur yang ada di Gunung Prau.

Viral Gunung Sumbing Tertutup Awan Bertingkat, Begini Penjelasan Pakar

Gunung Anak Krakatau Erupsi, Masyarakat dan Wisatawan Diimbau Supaya Waspada

Aktivitas Meningkat, Gunung Merapi Keluarkan Letusan Awan Panas Setinggi 1000 Meter Amplitudo 70 Mm

Ahmad mengatakan, penutupan dilakukan dengan mempertimbangkan lima alasan, di antaranya faktor cuaca, pemulihan ekosistem, perbaikan jalur, reboisasi atau penghijauan perawatan, dan pembersihan dari sampah.

"Faktor cuaca itu pada bulan-bulan penutupan kondisi cuaca tidak terlalu ideal untuk kegiatan pendakian. Kedua, pemulihan ekosistem baik flora dan fauna. Ketiga, perbaikan jalur itu setiap tahunnya rutin dilaksanakan, perbaikan jalur guna keselamatan dan keamanan pendaki," lanjutnya.

Pertimbangan keempat adalah perihal reboisasi atau penghijauan serta perawatan bibit pohon endemik Gunung Prau yang ditanam rutin setiap tahun.

Kelima, pembersihan dari sisa-sisa sampah yang ditinggalkan pendaki.

Ahmad tak memungkiri masih banyak pendaki yang meninggalkan sisa sampah di Gunung Prau. Hal ini yang nantinya akan dilakukan pembersihan oleh seluruh tim basecamp di masing-masing jalur.

Ahmad melanjutkan, ia bersama tim berharap agar seluruh pendaki, pegiat alam, dan wisatawan dapat memaklumi pemberitahuan penutupan jalur pendakian tersebut.

Halaman
123
Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved