Berita Nasional

Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Pusat Bentuk Badan Otorita Akhir Januari 2020

Pemerintah akan membentuk badan otorita pemindahan ibu kota akhir Januari 2020 ini.

Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Pusat Bentuk Badan Otorita Akhir Januari 2020
Kementerian PUPR
Kawasan inti pusat pemerintahan ibu kota negara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Banjir yang merendam Jakarta semakin memantapkan langkah pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota ke Kalimantan Timur.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, pemerintah akan membentuk badan otorita pemindahan ibu kota akhir Januari 2020 ini.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, badan otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk pada akhir bulan Januari 2020.

"Pokoknya bulan ini, sampai tanggal 31, bulan ini. Tanggal 31 jam 12 malam bulan ini," kata Suharso di Kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Sabtu (4/1/2020).

Kejadian Aneh Jelang Lina Meninggal Dunia Dialami Rizky Febian, Sule Sebut 2 Peristiwa Ini

BREAKING NEWS - Air Sungai di Banjarbaru Meluap, Warga Cempaka Cemas, BPBD Kerahkan Perahu Karet

Gunung Prau Ditutup sampai April 2020, Ini 5 Alasan Pengelola Tutup Pendakian

Pemuda Desa Bingung, Kembang Desa Incaran Mereka Tiba-tiba Lenyap, Terungkap Kisah Pilu Asminiwati

Suharso mengatakan, pembentukan badan otorita pemindahan ibu kota itu harus dibahas satu kali lagi bersama Presiden Joko Widodo.

"Karena itu kan banyak perpres yang harus di-endorse oleh beberapa kementerian. Tapi kalau dari tempat lain kan belum. Dan itu harus dibahas sekali lagi oleh Presiden," ujarnya.

Lebih lanjut, ketika ditanya, sosok yang akan memimpin badan otorita pemindahan ibu kota, Suharso mengatakan, pemerintah belum membahas sosok yang akan memimpin badan otorita tersebut. "Ya belum lah, kita belum bicara sampai disana," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah pusat akan membentuk badan otorita persiapan sebagai langkah awal pemerintah melakukan pembangunan ibu kota baru. Suharso mengatakan, pembentukan badan otorita tersebut akan dilakukan melalui penyusunan peraturan presiden (perpres).

"Kami menginisiasi para pihak, stakeholder dalam penyusunan perpres badan otorita persiapan dan pembangunan, pemindahan ibu kota negara," katanya setelah rapat soal pemindahan ibu kota baru di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/11/2019).

Siapkan Jalan Pintas ke Bandara Syamsuddin Noor, Balai Jalan Sebut Tak Lagi Berputar-putar

Wanti-wanti Ibu Baim Wong pada Paula terkait Kiano, Sohib Raffi Ahmad & Nagita Slavina Diingatkan

Timnas Amerika Serikat Ketakutan dan Batalkan Latihan di Qatar, Gara-gara Trump Bunuh Jenderal Iran

Dia mengatakan, badan otorita persiapan ini diperlukan karena dalam pembentukan ibu kota baru terdapat banyak isu, antara lain soal bagaimana daerah otonom yang akan terbentuk, daerah istimewa, hingga distrik pemerintahannya.

"Ini kan harus ditentukan, didefinisikan," kata Suharso. (Haryanti Puspa Sari)

Artikel ini telah tayang di Kontan.id dengan judul Badan otorita untuk pemindahan ibu kota akan dibentuk akhir Januari 2020

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved