Berita Banjarbaru

NEWS VIDEO : Dikenal Jadi Kawasan Wisata di Banjarbaru, Begini Kampung Purun Palam

Kampung purun adalah sebuah kampung yang berada di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kampung purun adalah sebuah kampung yang berada di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejumlah rumah warga di Kampung Purun ini dijadikan galeri untuk memamerkan hasil karya dari masyarakat setempat. Berbagai jenis kerajinan tangan dijual di galeri-galeri yang ada di kampung ini.

Kampung purun ini, saat ini menjadi kawasan wisata sebagai kampung tematik yang diunggulkan sebagai kawasan kampung wisata yang ada di Kota Banjarbaru.

Kawasan ini disebut kampung purun karena banyak tanaman purun yang hidup secara alami di rawa-rawa belakang rumah warga setempat.

Terima Laporan Pelecehan Anak di Bawah Umur, Polres Banjarbaru Ungkap Baru Dugaan Asusila

Sebanyak 2.400 Orang Bakal Jalani Tes SKD CPNS di Pelaihari

Video Syur Jihyo TWICE & Hubungan dengan Kang Daniel Jadi Isu, Teman Jung Joon Young Frustasi?

NEWSVIDEO : Tersangka Lempar Dua Paket ke Sungai, Untung Polres HSU Bisa Sita 3 Ons Sabu

Adanya purun itu, dimanfaatkan oleh warga setempat menjadi berbagai kerajinan tangan dengan berbagai jenis variasi kerajinan tangan.

Terbentuk secara alami karena banyaknya purun di wilayah itu yang tumbuh secara alami dan diolah menjadi berbagai produk olahan kerajinan tangan berbahan asli dari purun.

Kampung purun ini masih asri dan setiap harinya ada para pengrajin membuat berbagai jenis produk kerajinan dari kampung purun diteras rumah baik itu membuat tas purun, tempat botol, topi purun, tas kecil, tempat pot dan beragam kerajinan lainnya.

Hasil kerajinan ini, merupakan pesanan dari para pelanggang dan sengaja dibuat untuk dipajang di rumah warga yang sengaja dijadikan galeri untuk memamerkan produk mereka kepada para pengunjung.

Seiring berjalan waktu, kawasan ini menjadi wisata kampung tematik yang menyuguhkan destinasi alami. Kampung ini juga menyuguhkan produk-produk asli dari purun dan kearifan lokal warga setempat.

Ratusan Juta Dianggaran untuk Pendalaman Embung Cempaka dan Normalisasi Sungai Kuranji

Lagi, Bagian Tubuh Mulan Jameela Disorot! Wajah Putri Sambung Ahmad Dhani Curi Perhatian

Teddy Persilahkan Jasad Lina Diautopsi, Pasca Anak Sule Rizky Febian buat Laporan Polisi

Meski begitu, Kampung purun masih terus dipoles dan ditata agar tetap menjadi kampung destinasi yang dikunjungi para wisatawan.

Kampung purun tidak hanya menyuguhkan kampung destinasi yang alami, namun juga menyuguhkan proses pembuatan kerajinan purun secara langsung sehingga bisa menjadi wisata edukasi.

Banyak para pengunjung, yang bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan purun ini. Mengingat, mereka membuat di teras-teras rumah warga. (banjarmasinpost.co.id/nurcholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved