Objek Wisata Kalsel

Taman Palindangan Kandangan, Sarana Edukasi Alam, Ada Permainan Tradisionalnya Lho

Bingung mencari tempat berlibur bersama anak-anak? Ada baiknya, berkunjung ke Taman Palindangan Sehati. Lokasinya, di Jalan Pemuda, Kandangan, HSS

Taman Palindangan Kandangan, Sarana Edukasi Alam, Ada Permainan Tradisionalnya Lho
BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Taman Palindangan Sehati di Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel, menawarkan berbagai hal menarik yang berbeda dengan taman pusat kota lainnya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bingung mencari tempat berlibur bersama anak-anak? Ada baiknya, berkunjung ke Taman Palindangan Sehati. Lokasinya, di Jalan Pemuda, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel). Mengaksesnya pun sangat mudah, karena berada di pinggir jalan. Dari Kandangan, ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Anda bisa naik sepeda motor, jalan kaki atau naik betor (becak motor).

Taman kota, yang juga ruang publik atau ruang terbuka hijau tersebut, layak menjadi pilihan tempat bersantai keluarga. Karena, punya sarana dan prasarana yang lengkap, baik sarana bermain anak maupun sarana bersantai para orangtua dan remaja. Di tempat tersebut, tersedia kursi taman, gazebo serta fasilitas lainnya yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Buka setiap hari, mulai pukul 07.00 Wita hingga pukul 22.00 Wita, Taman Palindangan Sehati sering dikunjungi anak-anak sekolah, mulai TK, SD, SMP hingga SMA. Sedangkan tiap hari libur, Sabtu, Minggu dan juga libur nasional, kebanyakan pengujungnya dari kalangan masyarakat umum, yang datang mengajak anak-anaknya berlibur. Selain menjadi taman anak dan pelajar, taman ini juga menjadi sarana edukasi alam dan lingkungan.

Taman Palindangan Sehati, di bangun di atas tanah seluas 9.200 hektare, di lahan eks lapangan sepak bola. Taman ini dibangun Pemkab HSS pada 2016, selesai dan diresmikan pada September 2017 oleh Bupati Hulu Sungai Selatan, H Achmad Fikry. Adapun total dana untuk membangun taman kebanggaan masyarakat HSS tersebut senilai Rp 9,2 miliar.

Petani Ikan di Bawah Jembatan Rumpiang Batola Resah, Puluhan Ribu Ikan Nila Mati Mendadak

Pasangan Pacaran di Taman Palindangan Kandangan Sering Terekam CCTV

NEWSVIDEO : Yuk Mari Menengok Pusat Perbelanjaan Mentaya di Kota Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur

Ketakutan Kriss Hatta soal Hubungan dengan Zaskia Gotik, Saat Ibu Rekan Barbie Kumalasari itu Kagum

Ada berbagai fasilitas menarik di sekitar taman yang membuat pengunjung bisa melakukan aktivitas yang tak
membosankan. Antara lain, adanya sarana permainan tradisional, yang terletak di sebelah kiri taman. Tepatnya di depan ruang CCTV. Sarana permainan tersebut antara lain, badaprak atau main lompat-lompat di gambar kotak-kotak ala zaman dulu. Ada pula permainan engrang dan bakiak.

Sedangkan di bagian depan taman, juga tersedia mainan tradisional, yaitu badaku, balogo, beyasinan dan besihi atau  main sihi, hingga main tali. Khusus untuk permainan yang menggunakan alat tersebut, hanya diberikan alatnya sejak  pukul 15.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita. “Khusus pagi, apalagi jam belajar kami tak sediakan alat permainan tadi,  karena khawatir anak-anak datang ke sini untuk bermain dan lupa masuk sekolah,” ujar Roseda Mahriani, i, salah satu anggota tim pengelola taman, yang juga operator CCTV.

Ada beberapa aturan yang diterapkan pengelola ruang terbuka hijau, Taman Palindangan Sehati.Sesuai konsepnya, taman tersebut adalah edukasi lingkungan dan kebersihan serta menjadi tempat bermain yang mengasyikkan bagi anak-anak. Saat memasuki taman pun, anak-anak di larang keras membawa gadget, semacam handphone, game dan sejenisnya.

Tujuannya, agar mereka lebih fokus bermain dan berinteraksi dengan alam di sekitar taman. Untuk larangan tersebut, pihak pengelola di lengkapi dengan delapan titik pantau kamera yang diawasi dari ruang CCTV. “Kalau ada anak yang pegang gadget, kami tegur orangtuanya, dan diberi penjelasan, untuk apa larangan tersebut. Alhamdulillah pengunjung umumnya, bisa memahami dan mereka juga menjadi mengerti tujuan mengajak anak bermain,” ungkapnya.

Penolakan Syahnaz Pasca Lahirkan Keponakan Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Jeje Langsung Bereaksi

Putri Nia Ramadhani, Mikhayla Zalindra Joget di Pesta Ultah, Kekhawatiran Ardi Bakrie Muncul

Ada Spot Berfoto Hingga Area Tanaman Langka di Taman Palindangan Sehati Kandangan

Masih menurut Roseda Mahriani, saat bermain, anak-anak harus merasakan kegembiraan dan kebahagiaan seorang anak. Karena itu, aturan tersebut dibuat untuk melindungi kepentingan anak-anak sendiri. Karena konsisten melayani kebutuhananak, dengan peralatan bermain yang aman, standard an edukatif itu pula, membuat Taman Palindangan Sehati meraih pengharagaan Ruang Bermain Layak Anak (RBLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada 2018.

Taman Palindangan Sehati dikelola secara serius oleh Pemkab HSS, di bawah Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan
Permukinan dan Lingkungan Hidup, serta Dinas PPPA dan KB serta Dinas Pekerjaan Umum dan Pengembangan
Wilayah. Untuk menjaga kebersihan udara di sekitar taman, sejumlah tanda peringatan larangan merokok dipasang di area bermain anak, hingga di berbagai sudut ruang bersantai pengunjung.

Kebersihan taman pun senatiasa terjaga, dengan adanya petugas khusus yang merawat tanaman dan membersihkan lingkungan. Tak hanya kepentingan anak-anak normal yang diakomodasi di ruang publik itu, tapi juga fasilitas bagi anak berkebutuhan khusus. Di area permainan anak-anak, terdapat dua petak pasir berbentuk persegi empat dan bundaran.

Terdapat tanaman apotek dan pohon langka di Taman Palindangan Sehati Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel.
Terdapat tanaman apotek dan pohon langka di Taman Palindangan Sehati Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalsel. (BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI)
Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved