Mengenal Rumah Mikro Handil Bakti

Mau Lihat Miniatur Kapal Tugboat, Ayo Datang ke Ruang Pamer UMKM! Bakal dapat Penjelasan Ini

Di Kabupaten Batola tak asing lagi dengan Kapal Tugboat. Kapal inilah yang menarik ratusan tongkang batu bara di Sungai Barito.

Mau Lihat Miniatur Kapal Tugboat, Ayo Datang ke Ruang Pamer UMKM! Bakal dapat Penjelasan Ini
BANJARMASINPOST.CO.ID/EDI NUGROHO
Rumah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di depan Pasar Induk Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola. Salah satu produk yang dipamerkana adalah miniatur Kapal Tugboat dari para perajin Kecamatan Alalak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Di Kabupaten Batola tak asing lagi dengan Kapal Tugboat. Kapal inilah yang menarik ratusan tongkang batu bara di Sungai Barito. Keberadaan Kapal Tugboat ini menjadi para pemikiran para para perajin di Kabupaten Batola untuk membuat miniatur Kapal Tugboat.

“Dan kini Kapal Tugboat tersebut yang mirip aslinya karena dibuat miniatur dijual dan dipamerkan di (UMKM) di depan Pasar Induk Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola,” kata Ardiansyah, Koordinator Rumah UMKM Kabupaten Batola di Handil Bakti, Rabu (8/1/20).

Dijelaskanya, Kapal Tugboat selama ini dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan.

Jadwal Gerhana Bulan Penumbra yang Sapa Langit Indonesia Januari 2020, Simak Keterangan BMKG

LINK Live Streaming Malaysia Masters 2020 via Youtube BAM (Badminton Malaysia), Marcus/Kevin Main

Pipi Sarwendah Sampai Begini Imbas Betrand Peto, Ruben Onsu Kaget, Ini Video Cerita Kakak Thalia Itu

“Kapal Tugboat digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak, dan peralatan lainnya. Kapal Tugboat yang memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya ini saat ini replikanya itu ada di UMKM di depan Pasar Induk Handil Bakti, Kecamatan Alalak, Kabupaten Batola,” kata Ardiansyah.

Ditambahkannya, keberaadaan rumah UMKM ini sifatnya terpadu baik oleh Pemkab Batola atau pun para perusahaan besar seperti PT Adaro, sebuah perusahaan tambang batu bara dalam memberdayakan UMKM di kabupaten setempat.

“Kita juga bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKN Provinsi Kalsel dan Kementrian UKM RI untuk pengembangan produk-produk UMKM khas Batola,” katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved