Pilkada Kalsel 2020

Pasangan Independen Pilkada Banjarbaru 2020 Ini Targetkan 20 Ribu Dukungan, Rampung Akhir Januari

Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru dari jalur Perseorangan (Independen) Eddy Saifudin-Astina Zuraida

Pasangan Independen Pilkada Banjarbaru 2020 Ini Targetkan 20 Ribu Dukungan, Rampung Akhir Januari
Istimewa
Eddy saat bersalaman dengan Ketua KPU Banjarbaru Hegar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru dari jalur Perseorangan (Independen) Eddy Saifudin-Astina Zuraida optimis mampu mengumpulkan syarat 10 persen dukungan suara.

Syarat jumlah dukungan dan sebaran dukungan minimal bagi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru tahun 2020 mendatang sebanyak 15.635 dukungan.

"Kami sudah mengumpulkan dukungan suara. Target kami, akhir Januari ini sudah terkumpul semua sesuai dengan jumlah persyaratan dari KPU Banjarbaru," katanya, Kamis, (9/1).

Meski masih enggan menyebutkan jumlah pengumpulan KTP yang sudah ada, Eddy menuturkan bahwa jumlah KTP sudah hampir mendekati jumlah persyaratan yang ditetapkan.

Trump Akhirnya Melunak! Ajak Iran Berdamai? Berikut 5 Update Terkait Konflik Amerika Vs Iran di 2020

Bripka RA Rekam Polwan Lagi Mandi, Kapolda Sumut Berang Pelaku Diarak untuk Mengakui Dosa-dosanya

Donald Trump Akhirnya Angkat Bicara Terkait Kondisi Pangkalan Militer AS Setelah Dibombardir Iran

"Tinggal sedikit lagi sudah terpenuhi. Kita bahkan akan melebihi dari jumlah persyaratan yang ada. Target kita 20 ribu dukungan, minimal 17 ribu dukungan untuk antisipasi kita," lanjutnya.

Pihaknya sudah mengagendakan akan menyerahkan persyaratan kepada KPU Banjarbaru pada Rabu, 19 Februari mendatang.

Selain itu, pihaknya menegaskan sudah cukup lama bergerak mengumpulkan dukungan suara dan aktif berkonsultasi dan bertanya dengan KPU terkait teknis persyaratan dari jalur perseorangan.

Dirinya juga percaya diri bersaing dengan pasangan lain yang akan maju dari jalur partai politik dan tidak berpatokan dengan hasil survei.

"Kami berkaca pada lima tahun lalu. Dari jalur partai kalah dengan jalur independen. Sehingga tidak mengecilkan semangat kami untuk berjuang bersama warga Banjarbaru yang sudah memberikan dukungan kepada kami," tegasnya.

Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat mengatakan bahwa untuk penyerahan syarat dukungan jalur perseorangan pada 19 Februari hingga 23 Februari.

Syarat jumlah dukungan dan sebaran dukungan minimal bagi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan Walikota dan Wakil WaliKota Banjarbaru tahun 2020 mendatang sebanyak 15.635 dukungan.

“Syarat dukungan bagi calon perseorangan berdasarkan hasil penghitungan 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir di Kota Banjarbaru,” katanya.

Disebutkannya total DPT di Kota Banjarbaru ada 156.347 jiwa sehingga jumlah dukungan untuk pasangan jalur perseorangan sedikitnya 15.635 jiwa dengan sebaran minimal di tiga Kecamatan yang ada di Kota Banjarbaru.

Dukungan harus tersebar di tiga Kecamatan dari total lima Kecamatan yang ada di kota Banjarbaru. Tidak ada jumlah khusus disetiap di masing-masing Kecamatan, yang penting sebaran dukungannya minimal ada di tiga kecamatan.

Untuk dukungan yang diberikan yakni dalam bentuk surat pernyataan yang dilampirkan salinan KTP Elektronik maupun identitas lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Selain itu, dukungan dari masyarakat tersebut hanya dapat diberikan kepada salah satu pasangan calon (Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved