Kalselpedia

Kalselpedia: Walau Disebut Rumah Banjar, Gedung DPRD Kalsel Juga Miliki Gedung Moderen

Walaupun Gedung Utama di kompleks Kantor DPRD Provinsi Kalsel yaitu Gedung Rapat Paripurna dibangun dengan konsep adat khas Banjar dan penuh dengan

Kalselpedia: Walau Disebut Rumah Banjar, Gedung DPRD Kalsel Juga Miliki Gedung Moderen
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Ruang Tunggu Tamu Gedung B DPRD Provinsi Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, Kalselpedia - Walaupun Gedung Utama di kompleks Kantor DPRD Provinsi Kalsel yaitu Gedung Rapat Paripurna dibangun dengan konsep adat khas Banjar dan penuh dengan aksen serta ornamen tradisional, namun tak semua gedung dibuat demikian.

Salah satunya Gedung B yang merupakan gedung paling baru di Kompleks Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel.

Kesan mewah dan elegan langsung terasa saat memasuki Gedung B DPRD Provinsi Kalsel di Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Memasuki lantai kedua Gedung B ini langsung disambut sofa-sofa empuk lengkap dengan pantry serta mini bar sebagai ruangan untuk menerima kunjungan tamu-tamu DPRD Provinsi Kalsel.

 

Tepat disebelahnya di lantai yang sama, terdapat ruangan para Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel.

Naik ke lantai tiga, terdapat ruangan-ruangan yang rencananya akan digunakan sebagai ruangan Komisi-Komisi di DPRD Kalsel.

Kalselpedia: Inilah Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel Kantor Lembaga Legislatif Tertinggi di Kalsel

Kalselpedia: Gedung Kantor DPRD Provinsi Kalsel Sering Disebut Rumah Banjar Begini Alasannya

Kalselpedia: Disebut Rumah Banjar, Gedung DPRD Kalsel Dipenuhi Ukiran dan Ornamen Khas Banua

Kalselpedia: Kompleks Kantor DPRD Kalsel Miliki Tiga Gedung Utama

Namun, kesan megah paling terasa di lantai empat Gedung B DPRD Provinsi Kalsel ini, dimana terdapat Aula H M Ismail Abdullah.

Dengan tinggi hampir tiga meter, langit-langit Aula dihiasi pencahayaan minimalis yang kembali menambah kesan elegan pada Aula yang bisa menampung hingga 150 orang untuk kegiatan rapat ini.

Walaupun kesan moderen dan minimalis cukup kuat pada desain Aula ini, namun tak berarti identitas daerah Kalsel hilang, karena terdapat ornamen-ornamen bermotif khas Suku Dayak yang menghiasi sisi-sisi Aula H M Ismail Abdullah.

Sedangkan pada lantai paling bawah gedung yang dibangun dengan total biaya kurang lebih Rp 7,6 miliar ini digunakan sebagai lahan area parkir baik roda empat.

Walaupun sempat tertunda selama beberapa tahun, Gedung B DPRD Provinsi Kalsel ini akhirnya diresmikan oleh Gubernur diwakili Wakil Gubernur Provinsi Kalsel dan Ketua DPRD Provinsi Kalsel masa Jabatan 2014-2019, H Burhanuddin H Kamis (7/2/2019).

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved