Berita Kalteng

NEWSVIDEO : Dicemari Sampah, Keindahan Sungai Mentaya Terganggu

Di Sungai Mentaya masih banyak warga yang membuang sampah. Ada sampah kayu dan juga tidak sedikit sampah rumah tangga berupa sampah plastik.

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMPIT - Sampah hingga kini masih menjadi masalah di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.  Tidak hanya di darat,  di Sungai Mentaya pun masih banyak warga yang membuang sampah.

Sampah yang larut di sungai tersebut merupakan sampah bekas limbah pabrik kayu berupa potongan-potongan kayu, juga banyak sampah rumah tangga, seperti sampah plastik dan lainnya.

Ini menjadi pemandangan yang kurang enak saat menikmati Sungai Mentaya, terutama pagi hari, masih banyak berseliweran sampah limbah kayu hingga sampah rumah tangga yang larut dari hulu ke hilir sungai terbesar di Kotim tersebut.

Beberapa warga, yang tinggal dipinggiran sungai mengaku terpaksa membuang sampah di sungai, lantaran belum ada bak pembuangan sampah di sekitar rumahnya, sehingga terpaksa membuang di sungai.

Gerhana Bulan Penumbra pada 11 Januari 2020, Cek Tata Cara & Bacaan Niat Shalat Gerhana Bulan

Kena Sambaran Petir Tahaludding Alami Luka Bakar, Sang Ayah Meninggal

Reino Barack Tepergok Acuhkan Syahrini Saat Makan Malam, Suami Incess Ternyata Pilih Lakukan Ini

Racun di Tubuh Lina Dibahas Polisi Pasca Autopsi Istri Sule, Rizky Febian Bereaksi Ini, Teddy Hadir?

"Dulu ada, tetapi sekarang pembuangan dilakukan di depo sampah.Lokasinya terlalu jauh sehingga terpaksa membuang dipinggiran sungai, karena untuk membayar petugas tidak punya uang," ujar Zaini salah satu warga Bamaang Sampit, Jumat (10/1/2020).

Pemkab Kotim, telah berupaya membangun depo sampah dibeberapa titik kelurahan dan menyediakan petugas pengumpul sampah, namun tidak semua warga yang memanfaatkannya sehingga sebagian warga masih membuang sampah disembarang tempat termasuk di Sungai Mentaya. (banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved