Berita Nasional

Wahyu Setiawan Diduga Terima Suap Rp 600 Juta, Terungkap Ada Permintaan Rp 900 Juta

Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Wahyu Setiawan diduga telah menerima uang suap sebesar Rp 600 juta dari Rp 900 Juta yang diminta.

Wahyu Setiawan Diduga Terima Suap Rp 600 Juta, Terungkap Ada Permintaan Rp 900 Juta
tribunnews.com
Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA  - Uang suap sebesar Rp 600 juta dari Rp 900 Juta yang diminta, untuk memuluskan jalan caleg PDI-P Harun Masiku masuk ke DPR melalui jalur pergantian antarwaktu (PAW) diduga telah diterima oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Wahyu Setiawan.

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar mengatakan, penerimaan uang sebesar Rp 600 juta tersebut dilakukan dalam dua tahap yaitu pada pertengahan Desember 2019 dan akhir Desember 2019.

"Pertengahan Desember 2019, salah satu sumber dana yang sedang didalami KPK memberikan uang Rp 400 juta yang ditujukan pada WSE (Wahyu) melalui ATF (mantan anggota Bawaslu, Agustiani Tio Fridelina), DON (Doni) dan SAE (Saeful)," kata Lili dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (9/1/2020).

Lili menuturkan, dari penyerahan uang itu, Wahyu telah menerima uang Rp 200 juta. Uang diterimanya dari Agustiani di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan.

Api Amuk Bangunan PT Silo di Desa Sungaibali Kotabaru, Dua Mess Ludes

Pembongkaran Jembatan Mandastana Akhirnya Selesai, Pemkab Batola Rencanakan Bangun Lagi

Racun di Tubuh Lina Dibahas Polisi Pasca Autopsi Istri Sule, Rizky Febian Bereaksi Ini, Teddy Hadir?

Diam-diam Andhika Pratama Minta Maaf Pasca Nikita Mirzani Amuk Suami Ussy, Sohib Billy Beri Deadline

Kemudian, pada akhir Desember 2019, Harun disebut menyerahkan Rp 850 juta ke Saeful lewat seorang staf DPP PDI-P.

Saeful kemudian membagi-bagi uang tersebut kepada Agustiani dan Doni. Doni menerima uang sebesar Rp 150 juta sementara Agustiani menerima Rp 450 juta.

"Dari Rp 450 juta yang diterima ATF, sejumlah Rp 400 juta merupakan suap yang ditujukan untuk WSE, Komisioner KPU. Uang masih disimpan oleh ATF," ujar Lili.

Pada Selasa (8/1/2020) kemarin, Wahyu disebut hendak meminta uang tersebut kepada Agustiani. Namun, kedunya justru dicokok KPK lewat operasi tangkap tangan.

Ini 5 Fakta Terkait Portal BKDPSDM Kabupaten HST Diretas, Nomor 3 Terkait Data Pegawai dan CPNS 2020

Pria Ini Cabuli Belasan Bocah Laki-laki di Singkawang, Salah Satunya Dilakukan di Rumah Ibadah

Terganjal Aturan, Bupati Batal Mutasi 66 Kepala Sekolah di HST, A Chairansyah Khawatirkan Ini

Adapun awalnya Wahyu meminta dana operasional sebesar Rp 900 juta untuk memuluskan jalan caleg PDI-P Harun Masiku agar masuk ke DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan empat orang tersangka yakni Wahyu, Harun, mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, dan seorang pihak swasta bernama Saeful.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wahyu Setiawan Diduga Minta Rp 900 Juta Urus PAW Caleg PDI-P, Sudah "Cair" Rp 600 Juta"

Penulis : Ardito Ramadhan

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved