Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO: Lebih Sepekan, Kebun Sayur Maryono Terendam Air

Kebun sayur yang dikelola oleh Maryono (43) di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Lianganggang, Kota Banjarbaru, sudah lebih sepekan terandam

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kebun sayur yang dikelola oleh Maryono (43) di Kelurahan Landasan Ulin Utara, Kecamatan Lianganggang, Kota Banjarbaru, sudah lebih sepekan terandam.

Sejak hujan deras yang mengguyur Kota Banjarbaru pekan lalu, sampai Rabu, (8/1/2020) siang, kondisi kebun Maryono masih tergenang air hingga menutup ribuan bibit sayur yang sudah ditanam bibit mentimun.

Lebih sepekan terendam air, mengakibatkan bibit tanamanya mati. Selain itu pupuk kandang dan plastik penyemaian juga rusak sia-sia.

Permasalahan ini, baru dialami pada tahun ini setelah adanya pelebaran jalan di Jalan Kurnia Kelurahan Landasan Ulin Utara Kecamatan Liang Anggang.

Santunan Jasa Raharja untuk Korban Kecelakaan di Kalsel Mencapai Rp 23,9 Miliar pada 2019

Warga Banjar Ini Galau KTP Tak Kunjung Selesai, Padahal Sudah Lama Jalani Perekaman

Tanahlaut Siaga Bencana Hidrometeorologi, Berlangsung hingga 31 Juni

Bukan Soal Ranjang, Pria Ukraina Bongkar Kenapa Banyak Bule Jatuh Hati pada Perempuan Indonesia

"Sebelum ada pelebaran jalan, saat musim penghujan dan hujan deras yang turun lama. Memang banjir juga, namun tidak lama, biasanya satu jam sudah surut. Kalau ini, sampai seminggu lebih tidak surut juga," lanjutnya.

Akibatnya, tanaman yang ditanamnya rusak dan matian. Dirinya mengalami kerugian jutaan rupiah. Baik dari proses pengolahan tanah, pembibitan tanaman, ratusan karung pupuk juga ikut terendam air.

Warga RT 05 RW 3 jalan Kurnia kelurahan landasan Ulin Utara ini juga sudah berinisiatif membuat parit agar aliran air bisa cepat surut.

"Lahan yang terendam sekitar 15 meter x 195 meter. Semoga nanti ada solusi terbaik agar air bisa kembali cepat surut," katanya.

Lurah Landasan Ulin Utara Ahmad Mawardi mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan itu dari warganya. Pihaknya akan mencek ke lokasi dan mencari solusi terbaik.

Jatuhnya Pesawat Boeing 737 Ukraina Terungkap, Menlu Iran Sebut Buntut Kecerobohan AS

Diberi Gelar Datu Dalit, Produk Tikar Dalit Mariani Dipasarkan hingga Denpasar dan Surabaya

Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kabid Bina Marga Yasin Toyib menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan dan akan dilakukan penanganan sementara sembari nanti untuk penanganan jangan panjangnya.

"Kami sudah koordinasi dengan PPK dan sudah berjalan melakukan penanganan sementara," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved