Berita Nasional

13 Gerhana Matahari Bakal Lintasi Indonesia Hingga 2100, GMT Terdekat Terjadi pada Tahun Ini

Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) menyebut, akan ada 13 gerhana matahari yang melintasi Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100.

13 Gerhana Matahari Bakal Lintasi Indonesia Hingga 2100, GMT Terdekat Terjadi pada Tahun Ini
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Klise film bekas rongen rupanya jadi favorit warga sebagai media untuk bisa menikmati momen gerhana matahari total (GMT), Rabu (9/3/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) menyebut, akan ada 13 gerhana matahari yang melintasi Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100.

Gerhana matahari terakhir terjadi pada 26 Desember 2019 lalu, yaitu gerhana matahari cincin (GMC).

Saat itu, Puncak GMC sempat melintasi kota Siak, Kepulauan Riau, Singkawang, dan Kalimantan Barat.

Gerhana matahari terjadi saat posisi bulan ada di antara Bumi dan Matahari sehingga terlihat menutupi sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit.

Nelayan China Tak Takut Jokowi, Pasca Kedatang Presiden ke Natuna 30 Kapal Ikan Asing Tak Mau Pergi

Akhirnya Ahmad Dhani Ungkap Alasan Pilih Mulan Jameela & Depak Maia Estianty, Ashanty & Anang Kaget?

VIRAL, Pria Cari Jodoh dengan Pajang Fotonya di Spanduk, Wanita yang Bernasib Sama Bisa WA & Telepon

Empat jenis gerhana matahari

Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.
Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini. (HANDOUT/BMKG)

Melansir laman LAPAN, berdasarkan cara tertutupnya matahari, ada empat jenis gerhana matahari, yaitu:

Gerhana matahari total, yaitu ketika Bulan menutupi seluruh piringan Matahari. Pada kondisi ini, biasanya korona matahari yang biasanya tidak terlihat dapat dilihat langsung pada saat totalitasnya. Gerhana matahari total terjadi di wilayah yang dilewati oleh bayangan umbra.
Gerhana matahari cincin, yaitu ketika Bulan berada tepat di tengah-tengah Matahari dan Bumi, tetapi ukurannya tampak lebih kecil dibandingkan dengan ukuran piringan Matahari. Kondisi ini menyebabkan Matahari terlihat sebagai cincin yang sangat terang dan mengelilingi bulan yang tampak sebagai bundaran gelap.
Gerhana matahari parsial, terjadi ketika Bulan berada tidak tepat di tengah-tengah garis antara Matahari dan Bumi, sehingga hanya menutupi sebagian Matahari. Fenomena ini biasanya juga terlihat di banyak titik di luar jalur gerhana total atau cincin.
Gerhana matahari hibrid, yaitu gerhana yang oleh sebagian pengamat dapat dilihat sebagai antara gerhana total dan sebagian yang lain sebagai gerhana cincin. Gerhana campuran seperti ini cukup langka.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Kompas.com (8/1/2020) dan telah disampaikan melalui media sosial serta laman resmi LAPAN, ada 13 gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang tahun 2020 hingga 2100.
Baca juga: Timelapse Video Gerhana Matahari Cincin Tampak Sempurna dari Singkawang

13 gerhana matahari

Dikutip dari laman resmi LAPAN, berikut adalah tanggal dan jenis gerhana matahari yang akan melewati Indonesia sepanjang 2020 hingga 2100.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved