Berita Banjar

Banjir Rendam Desa Tanahabang Banjar, Malam Hari Polisi Terjunkan Perahu Karet Evakuasi Warga

Hujan deras yang mengguyur mengakibatkan banjir merendam puluhan rumah warga di desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman.

Banjir Rendam Desa Tanahabang Banjar, Malam Hari Polisi Terjunkan Perahu Karet Evakuasi Warga
istimewa/polsek mataraman
Dengan perahu karet, petugas membantu mengevakuasi warga di Desa Tanahabang Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar untuk melewati banjir yang merendam desanya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hujan deras yang mengguyur mengakibatkan banjir merendam puluhan rumah warga di desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman, Minggu (12/1/202).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar mendata sedikitnya 45 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 127 jiwa terdampak banjir  kali ini.

Warga yang terkena musibah banjir dan rumahnya terendam bagian sempat diungsikan ke posko, banjir juga merendam sebagian akses jalan di desa tersebut.

Pada Sabtu (11/1/2020) malam, personil Polres Banjar turun tangan membantu warga yang tertimpa musibah kebanjiran. Saat itu suasana malam dan hujan deras tidak menghalangi para polisi yang bantu evakuasi warga.

Masih Ditempel Stiker Belum Lunas Pajak, Alfamart Belum Jelaskan Soal Lanjutan Keberatannya

Perempuan Muda Tewas di Kerukan Ternyata Siswi MTs Ubudiyah, Begini Kronologi ISP Tenggelam

Pertanyaan Kriss Hatta Soal Zaskia Gotik Buat Vicky Prasetyo Menangis, Reaksi Suami Angel Lelga

Sikap Aneh Adik Rizky Febian ke Teddy Pasca Lina Meninggal, Tangis Putri Sule Saat Ucap Ini

Tepatnya di RT 04 Desa Tanah Abang, Kecamatan Mataraman. satuan Sabhara Polres Banjar dan personil dari Polsek Mataraman membantu warga setempat. Juga tampak Dinas sosial, BPBD Banjar , Satpol PP dan TNI.

Saat itu dikerahkan tiga unit perahu karet, milik Polres Banjar, Dinas sosial dan BPBD , satu unit mobil SAR terbatas milik Polres Banjar, Roda 4 sebanyak 6 unit, milik polres Banjar, dinas sosial dan BPBD , 3 unit Tenda milik polri, dinas sosial dan BPBD.

" Kami mengangkut warga yang mengalami kebanjiran, menolong warga untuk menyeberangi banjir dengan perahu, mendirikan tenda, penerangan dengan genset. Memberikan himbauan agar senantiasa tetap waspada," ucap Kapolsek Mataraman Iptu Embang Pramono S.H.,M.H.

Warga setempat juga ga ada yang sebagian besar tidak mau mengungsi, karena banjir tidak sampai lantai rumah. Karena rumah panggung, walaupun diluar sudah satu meter dalamnya air. Masyarakat tetap memilih bertahan dirumahnya.

Petugas membantu mengevakuasi warga Desa Tanahabang untuk melewati banjir.
Petugas membantu mengevakuasi warga Desa Tanahabang untuk melewati banjir. (istimewa/polsek Mataraman)

Tenda sudah dipasang untuk persiapan pengungsian sementara, apabila volume air meningkat, Untuk saat ini hujan sudah reda, dan air sudah mulai berangsur angsur surut.

"Dalam kurun waktu 15 hari banjir di Desa Tanah Abang Rt.04 Kecamatan Mataraman Kabupaten. Banjar. Tiga kali sudah," ucap warga setempat, Zaid.

Sarana Tepat Penghapus Dosa, Inilah Keutamaan Sholat Tahajud, Lengkap dengan Waktu, Niat & Tata Cara

Lagi Bahagia-bahagianya, Pasangan Pengantin Baru Ditemukan Tewas di Atas Ranjang, Darah Berceceran

Ibu yang Murka Tega Bakar & Pukuli Anak Gadisnya, Penyebabnya Si Buah Hati Pergi Sama Temannya

Kepala BPBD Banjar Muhammad Irwan Kumar mengatakan adapun tindakan penanganan yang telah dilakukan regu 4 TRC BPBD Kabupaten Banjar, melakukan evakuasi korban banjir ke tempat yang lebih aman, tak hanya rumah tinggi air juga menutupi jalan desa.

Lebih jauh Irwan menambahkan adapun data korban banjir di kecamatan Mataraman yang dirilis pukul 09.00 Wita, Minggu (12/1) terdiri dari 38 buah rumah, 45 KK, 127 jiwa yang terdiri dari 66 orang laki laki, 61 perempuan, hingga anak berusia 5-10 tahun 22 orang.

“Hingga sekarang kondisi debit air sungai Martapura sudah normal,namun cuaca saat ini mendung diperkirakan akan hujan lagi pada siang hari,” katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved