Berita Banjarbaru

Integrasikan Sawit-Sapi, Disbunak Kalsel Harapkan Populasi Sapi Meningkat

Adanya integrasi sawit sapi ini diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi di Kalimantan Selatan.

Integrasikan Sawit-Sapi, Disbunak Kalsel Harapkan Populasi Sapi Meningkat
istimewa/humas disbunak kalsel
Kepala Disbunak Kalsel drh Hj Suparmi saat memimpin rakor terkait program integrasi sawit-sapi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kalsel akhir pekan tadi mengadakan rapat koordinasi dengan tim dari Kementerian Pertanian, unsur pemerintah daerah dan stakeholder terkait untuk membahas persiapan verifikasi perusahaan pelaksana integrasi sawit-sapi pada PT. Buana Karya Bhakti (BKB) di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, drh Suparmi, Senin (13/1/2020) mengungkapkan bahwa dengan adanya integrasi sawit sapi ini diharapkan dapat meningkatkan populasi sapi di Kalimantan Selatan.

Dikatakannya, dalam rangka mengembangkan usaha sapi potong, pemerintah telah menyalurkan pembiayaan berupa KUR dengan bunga yang rendah yaitu 6%.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan beserta tim dari Kementerian Pertanian melaksanakan verifikasi langsung ke PT. BKP di Kabupaten Tanah Bumbu.

Tinggal di Gubuk, Dua Janda Renta di Banjarmasin Ini Justru Tak Dapatkan Bantuan Sosial

NEWSVIDEO : Tampilan Bandara Gusti Sjamsir Alam Kotabaru, Ruang Tunggunya Oke

Tawaran Nikita Mirzani Jadi Istri Kedua Habib Usman buat Kartika Putri Murka & Lempar Ini ke Nyai

Tubuh Montok Syahrini Saat Liburan di Los Angeles Disorot, Istri Reino Barack Pamer Ini Pagi Hari

Verifikasi ini untuk menindaklanjuti kesepakatan perjanjian antara pihak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dirjen Perkebunan dan PT. Buana Karya Bhakti Hasanuddin.

Dia mengungkapan, untuk mendungkung peningkatan populasi sapi di Kalimantan Selatan, PT. BKB yang awal mula hanya memiliki populasi sapi potong 300 ekor, sekarang sudah berkembang menjadi 750 ekor.

"Jumlah ini terus akan ditingkatkan menjadi 2000 ekor ke depan. Kami akan melakukan pembinaan kepada plasma yang jumlah lahannya sekitar 9.6 Ha," katanya.

Dengan adanya perjanjian kerja sama antara ketiga pihak ini dapat meningkatkan populasi sapi di Kalimantan Selatan, sehingga dapat mendukung swasembada daging di Kalimantan Selatan.

(banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved