Berita Banjarbaru

Jadi Bandara Internasional, Bandara Syamsudin Noor Tak Berpengaruh Terhadap Bandara Kotabaru

Meningkatnya status Bandara Syamsudin Noor menjadi bandara internasional tak berpengaruh terhadap bandara Gusti Sjamsir Alam

Jadi Bandara Internasional, Bandara Syamsudin Noor Tak Berpengaruh Terhadap Bandara Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Ruang Tunggu Bandara Gusti Samsir Alam Kotabaru yang tampak keren. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin, kini sudah lebih megah dan berkelas. Bahkan sudah ada flight Internasional atau penerbangan yang ke Jeddah saat pelaksanaan haji.

Lantas dampaknya pada bandara sekitar seperti apa? Misalnya saja di Bandara Gusti Sjamsir Alam (GSA) Kotabaru, seberapa besar pengaruhnya?

Menurut Kepala Bandara GSA Kotabaru, Ferdinan Nurdin, Senin (13/1/2020), secara langsung atau tidak langsung belum berpengaruh besar terkait pengembangan Bandara Syamsudin Noor.

Saat ini masih tetap normal seperti biasanya, belum ada pengaruh yang signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Warga Pamukan Utara Tak Rela, Dokter Belasan Tahun di Mutasi ke Pulau Sembilan

Ceceran Oli Masih Berpotensi Cemari Sungai Martapura Banjarmasin, Begini Menurut Pengamat Lingkungan

Tubuh Montok Syahrini Saat Liburan di Los Angeles Disorot, Istri Reino Barack Pamer Ini Pagi Hari

Ulah Syahnaz & Jeje Tempati Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina Pasca Lahiran Berujung Masalah

"Terkecuali misalnya ada peristiwa insidentil. Baru berdampak pada bandara sekitar, kalau sekarang ini sama saja tetap seperti sebelumnya," katanya.

Bila di Kotabaru, tergantung pada daerahnya dan potensi yang ada, bisa meningkat dan menurun.

Tapi sejauh ini, rata-rata penumpang dari pesawat ATR 72 rute Banjarmasin Kotabaru dan sebaliknya cukup tinggi. Dari 72 kursi, biasanya 70 persen terisi saja.

" Bahkan lebih sering full, apalagi kalau ada kegiatan dan sebagainya, " katanya.

Sekarang ini, ada potensi akan meningkatnya penerbangan di Kotabaru yakni kabar akan ramainya pertambangan batubara. Selain itu, Kotabaru saat ini juga sedang ada pembahasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan pengembangan potensi wisata.

" Bila ini jalan, tentu penumpang yang ada akan lebih meningkat lagi. Jadi tergantung potensi di daerah itu sendiri dan kita tentu akan selalu berbenah. Terutama ruang tunggu dan fasilitas yang ada di bandara, bisa dilihat sendiri dan begitu juga kebersihannya, " katanya.

Halaman
12
Penulis: Man Hidayat
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved