Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO : Bangunan Eks Kantor PA Martapura Dulu Mangkrak, Kini Mulai Diperbaiki

NEWSVIDEO : Bangunan Eks Kantor PA Martapura Dulu Mangkrak, Kini Mulai Diperbaiki

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - NEWSVIDEO : Bangunan Eks Kantor PA Martapura Dulu Mangkrak, Kini Mulai Diperbaiki.

Selama bertahun-tahun bangunan di belakang lapangan tenis di Jalan Albasia, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), mangkrak.

Bangunan tersebut milik Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Banjar. Namun sekitar Maret 2019 lalu telah dihibahkan kepada Pemkab Banjar.

Lantaran lama mangkrak, kondisi bangunan tersebut sangat kusam dan kotor. Kotoran kelelawar berserakan di mana-mana serta penuh coretan pada hampir semua dinding. Aroma pesing juga menyengat di beberapa tempat.

NEWSVIDEO: Mengunjungi Kotalama Koffie, Kombinasi Kafe Bernuansa Retro Olah Kopi Ala Sulsel

Ulah Syahnaz & Jeje Tempati Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina Pasca Lahiran Berujung Masalah

Kejanggalan Akikah Bayi Baim Wong & Paula Verheoven, Sohib Raffi Ahmad Khawatirkan Kiano Begini

Tubuh Montok Syahrini Saat Liburan di Los Angeles Disorot, Istri Reino Barack Pamer Ini Pagi Hari

Betrand Peto Jalani Sidang di Usia 17 Tahun, Putra Ruben Onsu - Sarwendah Lakukan Demi Hal Ini

Bangunan eks kantor PA tersebut merupakan bangunan baru yang terhenti pengerjaannya. Konstruksinya berlantai dua, namun baru lantai pertama (dasar) yang terkerjakan. Itu pun belum sepenuhnya tuntas.

Sejumlah tiang belum berplester di sekitar tangga menuju lantai dua, lumutan dan menghitam. Rerumputan juga mengepung bangunan yang berukuran lumayan luas tersebut, sekitar 30x20 meter.

Dinding-dinding di lantai pertama yang telah dicat, hampir seluruhnya penuh coretan tulisan. Pintu dan sebagian kusen jendela hilang. Lantainya juga teramat kotor berdebu dan berhias sampah.

Atap sederhana berbahan seng di salah satu sisi bangunan, kondisinya compang-camping. Kadang ada anak-anak yang bermain di atas atap itu.

Sebagian plafon pun mulai rusak. Bahkan di antaranya bolong. Sementara instalasi listrik juga mulai mengalami kerusakan seperti putusnya sejumlah rangkaian kabel maupun fitting bola lampunya.

Kalangan warga Martapura menyayangkan mangkraknya bangunan itu. "Andai saja listriknya berfungsi, saya mau menempati dan merawat banhunan ini," ucap Warji, kuli bangunan, yang kerap melintasi eks bangunan PA itu, beberapa waktu lalu.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved