Berita HST

NEWSVIDEO : Kondisi Terkini Desa Nateh di Kabupaten HST Semula Bakal Terdampak Tambang Batubara

NEWSVIDEO : Setelah Kemenangan Walhi, Begini Suasana Tiga Desa di Kabupaten HST yang Semula Bakal Terdampak Tambang Batubara

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - NEWSVIDEO : Setelah Kemenangan Walhi, Begini Suasana Tiga Desa di Kabupaten HST yang Semula Bakal Terdampak Tambang Batubara.

Mahkamah Agung diketahui telah mengabulkan gugatan Walhi terhadap SK operasi produksi PT MCM dan Menteri ESDM perihal izin tambang batubara di wilayah Hulu Sungai Tengah. Khususnya di Desa Nateh, Batutangga dan Pembakulan.

Ketiga desa tersebut diketahui merupakan blok Batu Tangga Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten HST, Kalsel.

Menanggapi adanya pembatalan tersebut yang mana dimaksudkan, putusan PTUN dan PT TUN batal, dalam artian SK Menteri ESDM perihal izin tambang yang digugat oleh Walhi dibatalkan, Ketua BPD Desa Nateh, Arbaini merasa senang. 

NEWSVIDEO : Durian Tangkai Panjang dari Desa Bentok Darat Menangkan Kontes Durian Kabupaten

Tawaran Nikita Mirzani Jadi Istri Kedua Habib Usman buat Kartika Putri Murka & Lempar Ini ke Nyai

Ulah Syahnaz & Jeje Tempati Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina Pasca Lahiran Berujung Masalah

Tubuh Montok Syahrini Saat Liburan di Los Angeles Disorot, Istri Reino Barack Pamer Ini Pagi Hari

Kejanggalan Akikah Bayi Baim Wong & Paula Verheoven, Sohib Raffi Ahmad Khawatirkan Kiano Begini

Jelasnya, ia sangat mendukung akan apa yang sudah diperjuangkan oleh Walhi untuk melindungi wilayah pegunungan Meratus tersebut.

Apalagi ucap Arbaini, atau yang akrab disapa Abah Nateh itu, apabila ada pertambangan di kawasan tersebut, dampak utamanya adalah mata pencaharian warga yang akan hilang.

Terlebih warga desa menggantungkan hidup mereka pada usaha kebun karet di atas lahan yang bisa saja nantinya ditambang.

Selain itu, kondisi sungai pun akan terganggu akibat limbah tambang tersebut. Dampaknya aliran sungai yang mengaliri bendungan juga akan kotor. Padahal airnya dimanfaatkan sebagai sumber air bersih untuk warga HST.

"Pada aliran sungai di Desa Nateh ini terdapat bendungan yang juga membantu pengairan pertanian warga desa lain dan dimanfaatkan warga HST. Apabila ada tambang, maka itu akan merusak air berih," ucap Abah Nateh saat ditemui wartawan banjarmasinpost.co.id, Senin (13/1/2020).

Ia sendiri sudah pernah mengikuti persidangan perihal penolakan izin tambang tersebut. Bahkan sidang itu sempat membuat dirinya diberi pertanyaan yang berbolak-balik. Abah Nateh menjawab apa yang ia tahu dan menjelaskan kondisi desa, serta dampak apabila adanya tambang.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved