Berita Kalteng

Pasien Tak Perlu Antre Lagi, Puskesmas Pahandut Terapkan Sistem Online

Tidak seperti biasanya ruang tunggu pasien yang ingin berobat di UPT Puskesmas Pahandut Jalan Darmo Sugondho, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut,

Pasien Tak Perlu Antre Lagi, Puskesmas Pahandut Terapkan Sistem Online
tribunkalteng.co/fathurahman
Ruang tunggu pasien sepi ketika UPT Puskesmas Pahandut menggunakan sistem aplikasi online secara dalam melayani pasien yang berobat 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Tidak seperti biasanya ruang tunggu pasien yang ingin berobat di UPT Puskesmas Pahandut Jalan Darmo Sugondho, Kelurahan Pahandut, Kecamatan Pahandut, Palangkaraya, Senin (13/1/2020) tidak lagi berjubel.

Selama ini hampir setiap hari puluhan bahkan ratusan pasien berjubel antre di ruang tunggu untuk berobat, bahkan kadang ada pasien yang batal berobat.

Hal itu tentu sangat mengganggu pelayanan sehingga akhirnya pengelola puskesmas menggunakan sistem online untuk mengurangi antrean.

Beberapa pasien yang berobat, sudah mulai sepi, karena banyak yang menggunakan aplikasi online sebelum datang ke puskesmas.

Baru Nikah, Isu Vanessa Angel Hamil Menyeruak, Doddy Sudrajat Ucap Ini Terkait Istri Bibi Ardiansyah

Ulah Syahnaz & Jeje Tempati Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina Pasca Lahiran Berujung Masalah

Seusai Ditiduri Genderuwo, Bebby Fey Ngaku Dikirimi Santet, Seteru Atta Halilintar Dapati Ini

"Ya setelah ada sistem aplikasi online untuk pendaftaran berobat di puskesmas Pahandut, kami tidak perlu menunggu lama karena sudah bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi layanan, lewat telepon selular sudah bisa terlayani," ujar Syamsul Huda, salah satu pasien.

Menurut dia, pendaftaran menggunakan sistem online lewat aplikasi JKN yang didownload lewat Google Plystore Smartphone sangat membantu pasien yang ingin berobat di puskesmas milik Pemko Palangkaraya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, Andjar Hari Purnomo, mengatakan, aplikasi melalui layanan telepon selular akan sangat membantu pasien, ini karena setiap pasien yang berobat akan diverifikasi oleh tenaga teknis Puskesmas yang kemudian diberikan nomor untuk dilayani.

Pasien yang sudah mendaftar ketika datang ke puskesmas tinggal menunjukkan nomor antrean kemudian dapat langsung dilayani.

"Datang ke puskesmas bisa diperkirakan saat tiba panggilan pelayanan langsung dilayani," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, mengatakan, dia berharap nantinya semua kantor pemerintah melakukan inovasi yang sama untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Terobosan semacam ini harus terus dikembangkan," ujarnya.

banjarmasinpost.co / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved