Lifestyle

Galuh Banjar Ini Enjoy Jadi Tourguide, Begini Pengalaman Mengesankannya

Sejak menyandang gelar Galuh Banjar pada 2018 lalu, aktivitas Syarifah Risqa kian padat. Apalagi, ia juga menyandang putri pariwisata.

Galuh Banjar Ini Enjoy Jadi Tourguide, Begini Pengalaman Mengesankannya
istimewa
Syarifah Risqa Galuh 2018 Kabupaten Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejak menyandang gelar Galuh Banjar pada 2018 lalu, aktivitas Syarifah Risqa kian padat. Tak cuma sibuk menjalani perkuliahannya, tapi ia juga aktif mempromosikan pariwisata di daerahnya yakni di Kabupaten Banjar.

Apalagi gadis kelahiran Maret 2000 ini juga menyandang predikat Putri Pariwisata Kalsel Kabupaten Banjar tahun 2019.

"Tentunya kegiatan saya juga tambah banyak, terlebih tahun ini sudah berkembang visit Kalsel 2020," ucap Risqa, Selasa (14/01/2020).

Selain itu pada November 2019 lalu dirinya juga bergabung pada perusahaan tour and travel dan dirinya mendapat tugas sebagai tourguide. Karenanya, aktivitasnya mempromosikan kepariwisataan makin intens dan bakal meluas lagi jangkauannya pada kegiatan tour se-Kalsel.

Pembobol Kantor Agen Oli Sudimampir Banjarmasin Kalsel Tak Sempat Lama Memakai Motor Balap

NEWSVIDEO : Komisi III DPRD Banjarmasin Desak Kasus Pencemaran Oli di Sungai Martapura Diusut Tuntas

Kejutan Adik Rizky Febian ke Suami Lina Teddy, Pasca Mantan Istri Sule Meninggal Dunia

Tubuh Montok Syahrini Saat Liburan di Los Angeles Disorot, Istri Reino Barack Pamer Ini Pagi Hari

Di Kabupaten Banjar, telah lumayan banyak objek wisata ternama yang telah ia promosikan. Di antaranya Matang Keladan, Alimpung Park, Bukit Batu, Bukit Batas, Pulau Bekantan, Pulau Pinus 1, Pulau Pinus 2 dan banyak lagi wisata lainnya.

"Alhamdulillah banyak sukanya sejak saya menggeluti dunia tourguide. Menjadi tourguide adalah tantangan tersendiri bagi diri saya untuk melatih dan mengembangkan pengetahuan," sebut Risqa.

Bertemu dengan orang baru membuatnya senang. Selain belajar berinteraksi, ia juga bisa sekaligus memperdalam tentang sejarah wisata yang dikunjungi. "Asyik rasanya ketika kita bisa memandu dan besilaturahmi satu sama lain dengan peserta trip," tuturnya.

Kegiatannya memandu wisatawan sangat padat tiap momen weekend. "Ditambah lagi Visit Kalsel 2020 yang membuat saya dan kawan-kawan makin antusias menyambut wisatawan yang datang," tandasnya.

Warga Kecamatan Mataraman ini mengatakan dirinya tak sendirian menjadai tourguide, tapi bersama tim. Hanya saja yang menyandang gelar Galuh Banjar hanya dirinya.

Ia menuturkan tugas seorang tourguide tak hanya membuat wisatawan nyaman selama perjalanan. Tentu harus memberikan edukasi selama perjalanan dengan berbagi kisah pengalaman dan informasi tentang wisata yang dikunjungi. Tourguide mutlak harus bisa mengetahui wisata yang ada di Kalsel.

"Mungkin menurut orang tourguide itu pekerjaan yang gampang. Padahal menjaga konsistensi mood pengunjung itu tak mudah, harus memakai trik yang pas dan itu suatu tantangan bagi saya. Mesti mengerti perasaan wisatawan. Hal itu sekaligus banyak membuat saya belajar kepribadian seseorang," akunya.

Polisi Cegat Mobil Tersangka Pengedar Sabu di Pulau Telo Kabupaten Kapuas Kalteng

Polsek Banjarbaru Kota Pastikan Informasi Penculikan yang Beredar Adalah Hoaks

Tabiat Teddy & Lina, Mantan Istri Sule Dibongkar Tetangga, Ibu Rizky Febian & Delina Disebut Begini

Ia sangat enjoy menjalani pekerjaan itu. Apalagi aktvitas tersebut sesuai jurusan kuliahnya yaitu bimbingan dan konseling. "Semua pekerjaan tentu membuat kita lelah, tapi tergantung kalau kita melakukannya tulus dan ikhlas, semua kelelahan akan hilang ketika melihat pengunjung tersenyum bahagia sampai akhir perjalanan," kata Risqa.

Pernah juga ia punya pengalaman mengesankan ketika pengunjung sangat antusias di objek wisata berkat peran all out tourguide dan keindaan alam yang dituju. Para wisawatan sangat betah berlama-lama dan bahkan enggan pulang. (banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved