Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Mantan Sekretaris KNPI Tanahlaut Jadi Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi

NEWSVIDEO : Mantan Sekretaris KNPI Tanahlaut Duduk Jadi Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Mengenakan baju batik lengan pendek dan kopiah haji berwarna putih, mantan Seketaris DPD KNPI Tanah Laut (Tala) periode 2017 - 2020.

Puput Baharuddin duduk menjadi terdakwa dalam kasus dugaan korupsi di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi Banjarmasin, Selasa (13/1/2020) siang,

Puput yang selama ini telah ditahan di rutan Pelaihari menjalani sidang perdana atas dugaan korupsi dana hibah untuk DPD KNPI Tala beberapa waktu lalu.

Tanpa didampingi penasehat hukumnya, ia mendengarkan dakwaan jaksa yang dibacakan oleh Kasi Pidsus Tala, Bersy Prima SH.

Siring 0 Kilometer Banjarmasin Kalsel, Tak Hanya Jogging Tapi Juga Dijadikan Spot Foto Prewedding

NEWSVIDEO : Pemkab Balangan Siaga Bencana, Beberapa Kecamatan Rentan Banjir dan Tanah Longsor

Heboh Ciuman Veronica Tan ke Lelaki Ini Pasca Ahok BTP - Puput Nastiti Devi Unggah Foto Bayi Yosafat

Putri Delina Jadi Pengganti Lina Diucap Sosok Ini, Heboh Sikap Adik Rizky Febian ke Teddy, Sule?

Meski begitu sebelum sidang digelar Ketua Majelis Hakimn Teguh Santoso SH mengatakan karena ancaman hukum terdakwa berat apakah tak keberatan pada sidang perdana ini ia tak didampingi pengacara dan akan ditunjuk PN pengacara untuk mendampingi terdakwa nantinya dan terdakwa mengatakan tak keberatan.

"Ia tak keberatan," ucapnya pemdek hingga akhirnya sidang dimulai.

Dalam dakwaanya, terdakwa Puput sendiri didakwa akibat perbuatan terdakwa bersama-sama dengan saksi mantan Bendahara DPD KNPI Tala Faulina Riska dan saksi Ketua DPD KNPI Tala Syaharuji Fadilah telah merugikan keungan negara yang secara melawan hukum menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Tanah Laut untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain.

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 UU RI no 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi UU RI No20 Tahun 2001 tentang perubahan UU RI tahun 1999 tentang Pemberantasn Tindak Pidana Korupsi .

Kemudian subsider melanggar pasal Pasal 3 jo Pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentangPemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
Usai sidang Ketua Majelis Hakim Teguh mengatakan sidang akan dilanjutkan minggu depan dengan materi mendengarkan keterangan saksi-saksi.

Usai sidang Kasi Pidsus Kejari Tala Bersy Prima SH ditanya tentang kerugian negara yang terjadi atas terdakwa Puput, mengatakan untuk terdakwa Puput belum mengetahui proses perannya jadi pihaknya masih menunggu proses sidang berjalan.

Halaman
12
Penulis: Irfani Rahman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved