Berita Tapin

Pohon Tumbang di Kecamatan Lokpaikat Tapin Ancam Pengguna Jalan Nasional

Keberadaan pohon penghijauan di sisi kanan dan kiri jalan nasional di wilayah Desa Bataratat, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin rawan tumbang

Pohon Tumbang di Kecamatan Lokpaikat Tapin Ancam Pengguna Jalan Nasional
istimewa/camat lokpaikat
Kegiatan warga Desa Bataratat, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Kalsel mengevakuasi pohon tumbang di Jalan Nasional Trans Kalimantan, Selasa (14/1/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Keberadaan pohon penghijauan di sisi kanan dan kiri jalan nasional di wilayah Desa Bataratat, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalsel, rawan tumbang dan  mengancam jiwa pengendara.

Contohnya, yang terjadi sebatang pohon penghijauan tumbang di Jalan Nasional, Desa Bataratat, Kecamatan Lokpaikat, Selasa (14/1/2020) sekitar pukul 08.00 Wita.

Arus lalulintas di Jalan Nasional tertahan karena warga Desa Bataratat dipimpin pimpinan wilayah desa setempat bergotong royong memindahkan pohon yang tumbang dari badan jalan nasional.

Camat Lokpaikat Fiqri Irmawan dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, membenarkan adanya peristiwa pohon tumbang yang menimpa badan jalan nasional di Desa Bataratat.

Siring 0 Kilometer Banjarmasin Kalsel, Tak Hanya Jogging Tapi Juga Dijadikan Spot Foto Prewedding

Siaga Penanggulangan Bencana Alam, Polres HSU Laksanakan Operasi Aman Nusa II 2020

Heboh Ciuman Veronica Tan ke Lelaki Ini Pasca Ahok BTP - Puput Nastiti Devi Unggah Foto Bayi Yosafat

Ayu Ting Ting dan Calon Suami Mulai Klik Bulan Depan Kata Sosok Ini, Didi Riyadi atau Robby Purba?

Beruntung saat pohon tumbang itu, lalulintas pengendara dari arah Hulu Sungai Selatan maupun dari arah Banjarmasin tidak melintas sehingga tidak terdapat korban jiwa maupun kerugian material.

Fiqri Irmawan mengaku kondisi pohon yang tumbang itu sebenarnya sudah condong kearah jalan. Cuma belum dibenahi, warga setempat sudah tumbang lebih dahulu.

Ditanya potensi pohon penghijauan rawan tumbang di wilayahnya, Fiqri Irmawan mengaku belum melakukan pendataan dan monitoring.

Namun, dirinya berjanji secepatnya berkoordinasi dengan Dinas Permukiman dan Perumahan Pertanahan Kabupaten Tapin untuk merapikan ranting pohon penghijauan yang rawan tumbang.

Menurutnya, beberapa pohon pernghijaua yang perlu dirapikan ranting ataupun dahannya, adalah yang ditanam tidak dibawah kabel listrik tegangan tinggi.

Sedangkan pohon penghijauan yang dibawah kabel listrik tegangan tinggi, sudah dirapikan petugas dari PLN Persero ULP Rantau.

"Saya khawatir ranting pohon penghijauan tidak rapi karena jika mobil bermuatan kontiner atau peti kemas dan mobil trailer bermuatan alat berat jenis ekskavator yang kerap mematahkan ranting atau dahan pohon penghijauan," katanya.

Sementara itu, Bupati Tapin HM Arifin Arpan berencana membuat surat kesepakatan penanganan dan pemeliharaan pohon penghijauan di Jalan Nasional dan Jalan Kabupaten, antara Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin dan Dinas Permukiman dan Perumahan Pertanahan Kabupaten Tapin.

NEWSVIDEO : DPRD Balangan Sinyalir Ada Kesalahan Pembuatan Jembatan Gantung Desa Babayau Jadi Ambruk

Konon Ditemukan Pertamakali Tumbuh di Atas Pegunungan Tandus, Kini Beras Hitam Ditanam Petani Piani

Putri Delina Jadi Pengganti Lina Diucap Sosok Ini, Heboh Sikap Adik Rizky Febian ke Teddy, Sule?

Menurut Bupati Tapin HM Arifin Arpan, pohon penghijauan yang menganggu kabel listrik tegangan tinggi pemangkasan dilakukan pihak PT PLN ULP Rantau.

Kemudian pohon penghijauan yang tidak menganggu kabel listrik tegangan tinggi dipangkas Dinas Permukiman dan Perumahan Pertanahan Kabupaten Tapin serta dirapikan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin.

"Saya ingin Kota Rantau ini tidak hanya terang, indah dan nyaman bagi pengunjung yang berada di Kabupaten Tapin," kata orang nomor satu di Kabupaten Tapin tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/muhktar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved