Berita BIsnis

Pulau Bali Masih Favorit Wisata di Awal Tahun 2020, Tiket Pesawat Murah Belum Berpengaruh Penjualan

Bali Masih Favorit Tur di Awal Tahun 2020, Tiket Pesawat Murah Belum Berpengaruh Penjualan

Pulau Bali Masih Favorit Wisata di Awal Tahun 2020, Tiket Pesawat Murah Belum Berpengaruh Penjualan
KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA
Pesawat Lion Air di Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (ilustrasi). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Harga tiket pesawat mulai alami penurunan. Rute Banjarmasin ke sejumlah destinasi di Pulau Jawa terpantau turun 30-40 persen dari sejak libur Natal dan tahun baru lalu.

Seperti dipaparkan petugas ticketing PT Kharisma Lautan Nusantara Tour & Travel Agent, Titien, harga tiket untuk penerbangan Banjarmasin-Surabaya tembus di harga Rp 393.800.

"Masih tujuan Surabaya, ada pula seharga Rp 449.900 dengan waktu terbang yang berbeda, kemudian rute Banjarmasin-Jakarta seharga Rp 609.400. Semua rute tiket murah ini dari Maskapai Lion Air," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (14/1/2020).

Diakuinya, penurunan harga tiket tersebut tidak serta-merta membuat booking tiket melonjak. Pasalnya, travel Kharisma Lautan Nusantara sudah memiliki pasar sendiri, misalnya penumpang dari sejumlah instansi yang kerap mengirim pegawainya dinas luar kota. 

Melihat Wilayah Kota Banjarmasin Kalsel dari Ketinggian, ke Siring Menara Pandang Saja

Capaian Rekam KTP Elektronik di HSU Lewati Target Nasional, Disdukcapil Lakukan Ini

Sindiran Addie MS Jelang Pernikahan Kevin Aprilio dan Vicy Melanie, Suami Memes Ingin Ini

NEWSVIDEO : Mantan Sekretaris KNPI Tanahlaut Duduk Jadi Terdakwa Kasus Dugaan Korupsi

Selain secara offline penjualan tiket di secara online melalui online travel agent (OTA) juga mempengaruhi penjualan tiket di biro travel.

Penelurusan Banjarmasinpost.co.id, harga tiket sejumlah rute penerbangan dari Banjarmasin di aplikasi Traveloka terpantau murah dari beberapa hari lalu.

Rute Banjarmasin-Semarang seharga Rp 623.700 atau termurah ditawarkan pesawat Lion Air. Destinasi Banjarmasin-Jakarta ditarif termurah Rp 688.600 yang juga ditawarkan Lion Air, dan tujuan Banjarmasin-Surabaya termurah seharga Rp 449.000 melalui Lion Air.

Di sisi lain, biro travel lainnya RR Travel & Tour turut tak terdampak lonjakan booking tiket walaupun harga tiket alami penurunan.

"Karena sekarang banyak aplikasi penyedia booking tiket jadi pembelian tiket di tempat kami cenderung menurun. Justru tour atau perjalanan wisata yang cukup banyak peminatnya di awal tahun 2020 ini," ucap Tour Manager RR Travel, Richie Rafsanjani.

Dari beberapa paket tour yang tersedia, diakuinya paling laris masih didominasi Bali. Terlebih saat ini ada penurunan harga karena adanya penerbangan langsung dari Banjarmasin.

"Harga paket tour Bali mulai Rp 2,7 juta untuk tiga hari dua malam. Harga ini turun dari tahun lalu yang berada di kisaran harga Rp 3,5 juta karena harus transit Surabaya," tukasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved