Berita Banjarmasin

Anggaran Perjalanan Dinas ke Luar Negeri Dewan Kalsel 2020 Dianggarkan Rp 117 Juta Per Orang

Walau batal penuhi undangan dari Kedutaan Indonesia untuk Finlandia dan Estonia di Eropa Utara dalam waktu dekat, namun bukan berarti tak ada agenda

Anggaran Perjalanan Dinas ke Luar Negeri Dewan Kalsel 2020 Dianggarkan Rp 117 Juta Per Orang
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Kepala Bagian Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Jaini. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Walau batal penuhi undangan dari Kedutaan Indonesia untuk Finlandia dan Estonia di Eropa Utara dalam waktu dekat, namun bukan berarti tak ada agenda kunjungan ke luar negeri para Wakil Rakyat Kalsel Tahun 2020 ini.

Pasalnya, di Tahun 2020 ini Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel juga sudah menganggarkan dana untuk memfasilitasi 55 Anggota Dewan Kalsel laksanakan perjalanan dinas ke luar negeri.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, M Jaini, di Tahun Anggaran 2020 dianggarkan pagu perjalanan dinas ke luar negeri sebesar Rp 117 juta per orang.

"Jadi di DPA SKPD, 55 Dewan tercantum perjalanan dinas ke luar negeri dengan pagu sekitar Rp 117 juta perorang," kata M Jaini.

Dengan pagu anggaran demikian menurut M Jaini bisa memfasilitasi keberangkatan Pimpinan dan Anggota Dewan ke Benua Eropa.

Warung Komisi X Tergusur Muncul Warung Medsos di HSS, Tempat Warga Zaman Now Lakukan Aktivitas Ini

FAKTA Pria Pura-pura Pindah Agama, Gasak Harta Milik Ustaz hingga Bergerilya dari Masjid ke Masjid

Gertakan Mulan Jameela ke Ahmad Dhani Terungkap, Sering Bertengkar Saat Eks Maia Estianty di Penjara

Dijelaskan M Jaini, keberangkatan Pimpinan dan Anggota DPRD termasuk DPRD Provinsi Kalsel memang bisa difasilitasi berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2016 sebagai landasan hukumnya.

Dimana pada Permendagri ini mengatur tentang Pedoman Perjalanan Dinas Luar Negeri Bagi ASN Kemendagri dan Pemda, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, Pimpinan dan Anggota DPRD.

"Itu memang boleh sudah diatur di Permendagri, kami dari Sekretariat siap memfasilitasi," kata M Jaini.

Namun jika ingin laksanakan perjalanan dinas ke luar negeri dengan jumlah lebih dari 5 orang, sesuai Ayat 2 Pasal 4 Permendagri Nomor 29 Tahun 2016, agenda perjalanan dinas harus berupa kegiatan pendidikan dan pelatihan, perundingan dalam rangka kerjasama dengan pihak luar negeri atau Delegasi kesenian dalam rangka promosi potensi daerah.

Jika dibandingkan dengan pagu anggaran yang dialokasikan untuk perjalanan dinas ke luar negeri Tahun 2019 sebesar Rp 65 juta perorang, jumlah tersebut meningkat lebih dari 85 persen.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved