Berita Banjarbaru

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Perintahkan Bupati & Wali Kota Bersiaga Hadapi Bencana

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengeluarkan Surat Edaran kepada Bupati/Wali Kota tentang Antisipasi Kesiapsiagaan menghadapi bencana

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor Perintahkan Bupati & Wali Kota Bersiaga Hadapi Bencana
Foto satgas BPBP Kalsel
Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin Pimpin apel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor, mengeluarkan Surat Edaran kepada Bupati/Wali Kota tentang Antisipasi Kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Langkah tersebut dilakukan untuk mencegah meluasnya dampak kejadian yang disebabkan cuaca ekstrem.

Surat bernomor 360/040/BPBD/PK/2020 ditembuskan ke Menteri Dalam Negeri, Kepala BNPB, Kapolda Kalsel, Danrem Antasari, Komandan Lanal Banjarmasin, Sekretaris Daerah dan Kepala SKPD Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel, Kurnadiansyah, saat dikonfirmasi, Selasa (14/1/2020),menjelaskan, beberapa materi penting dalam surat tersebut antara lain, bupati dan wali kota diminta untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan peringatan dini. Melakukan pemeriksaan atau inspeksi sarana dan prasarana.

Air Leding Macet Memaksa Nenek Bagus Cuci Baju di Dermaga Pasar Terapung Banjarmasin Kalsel

Kasatlantas Polresta Banjarmasin Apresiasi Anggotanya yang Membekuk Pengedar Sabu

Kasus Tambang Ilegal 2019 Terbanyak di Kabupaten HSS, Dishut Kalsel Sita Alat Berat Hingga Dump Truk

DPRD Balangan Kalsel Umumkan Program Pembentukan Perda Retribusi Bakal Jadi Perda Prioritas

Selain itu juga, pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemko) juga diminta untuk selalu berkoordinasi dengan BMKG, BNPB, TNI, Polri dan tokoh masyarakat terkait perubahan cuaca dan peringatan dini banjir.

"Mengalokasikan biaya pelaksanaan penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor serta belanja tidak terduga dalam APBD," paparnya.

Kemudian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten dan kota supaya  mengoptimalkan perannya dalam mencegah maupun pada saat menanggulangi bencana.

Sementara itu, Kepala BPBD Kalsel, Wahyuddin, menjelaskan bahwa untuk kesiapan itu akan dilakukan apel bersama siaga bencana di Kalsel yang berlokasi di Setdaprov Kalsel. "Apel nanti, Jumat (17/1/2020) semua instansi stakeholder terkait," kata Wahyuddin. (Banjarmasinpost.co.id/Nurholis Huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved