Selebrita

Staf Khusus Jokowi Tegaskan Polisi Tak Perlu Izin Presiden Panggil Mulan Jameela Terkait MeMiles

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono menyebut Polisi tidak perlu meminta izin tertulis ke Presiden Joko Widodo

Staf Khusus Jokowi Tegaskan Polisi Tak Perlu Izin Presiden Panggil Mulan Jameela Terkait MeMiles
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Mulan Jameela 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono menyebut Polisi tidak perlu meminta izin tertulis ke Presiden Joko Widodo (Jokowi), untuk memanggil anggota DPR Mulan Jameela terkait kasus investasi bodong MeMiles.

Menurutnya, berdasarkan informasi sepertinya Mulan hanya dipanggil sebagai saksi, bukan sebagai pihak yang diduga melakukan tindak pidana.

"Kalau hanya sebagai saksi atau pihak yang diminta keterangannya tidak perlu izin Presiden," ujar Dini saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (14/1/2020) malam.

Dini menjelaskan, dalam Pasal 245 Ayat 1 Undang-Undang tentang Manjelis Pemusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3), tidak menyebut harus izin presiden ketika memanggil anggota DPR sebagai saksi.

Kemarahan Once Mekel ke Ahmad Dhani Diungkap, Kisah Pertengkaran Suami Mulan Jameela di Dewa 19

Nama Mulan Jameela Dikaitkan Kasus Investasi MeMiles buat Ahmad Dhani Bereaksi, Ini Kata Ayah Dul

VIRAL di Medsos, Ibu Jahit Masker Secara Massal Lalu Bagikan ke Korban Erupsi Gunung Taal Filipina

Pasangan Ini Menikah saat Gunung Taal Meletus & 10.000 Orang Mengungsi, Fotonya Viral di Medsos

Ritual Teddy & Lina, Mantan Istri Sule Tiap Jumat Terungkap, Ibu Rizky Febian & Delina Lakukan Ini

Namun, jika ke depan terjadi peningkatan status menjadi terduga melakukan tindak pidana hukum, kata Dini, pihak Kepolisian perlu meminta izin Presiden dalam memanggil Mulan.

Adapun bunyi Pasal 245 Ayat 1 UU MD3, yaitu "Pemanggilan dan permintaan keterangan kepada anggota DPR yang diduga melakukan tindak pidana yang tidak sehubungan dengan pelaksanaan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 224 harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Presiden".

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, akan memanggil Mulan untuk meminta keterangan terkait investasi bodong MeMiles, dengan mengikuti aturan yang ada.

"Ya (izin ke presiden Jokowi), mekanismenya ada semua berdasarkan aturan pemanggilan," kata Truno di Mapolda Jatim, Surabaya, Selasa (14/1).

"Saksi (MJ) kita ambil keterangannya untuk kita berikan hak konfirmasinya, daripada blunder terus di media sosial. Inilah hak dia untuk mengkonfirmasi kepada penyidik," sambung Truno.

Kehamilan Zaskia Sungkar Diumumkan Kakak Shireen Sungkar, Istri Irwansyah Isyaratkan Hal Ini

Pernikahan Sule Pasca Lina Meninggal Dikomentari Azis Gagap, Adik Rizky Febian Dekat dengan Teddy?

Bantahan Mulan

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved