Berita Tapin

Anakan Ikan Dijual di Pasar Lama Binuang, Pengempul Beralasan ini

Penjual anakan ikan di Pasar Keraton, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara dan pasar lama, Kelurahan Binuang, Kecamatan Binuang didatangi petugas

Anakan Ikan Dijual di Pasar Lama Binuang, Pengempul Beralasan ini
istimewa
aktivitas pengempul anakan ikan di Pasar Keraton, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara, Kamis (16_1_2020) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Penjual anakan ikan di Pasar Keraton, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara dan pasar lama, Kelurahan Binuang, Kecamatan Binuang didatangi petugas Dinas Perikanan Kabupaten Tapin.

Mereka berani terang-terangan menjual anakan ikan itu karena beralasan tidak mengetahui aktivitas itu terlarang dan masuk kategori tindak pidana ilegal fishing.

Namun, mereka mengerti dan paham setelah didatangi secara langsung oleh petugas Dinas Perikanan Kabupaten Tapin agar tidak menjual anakan ikan.

Hernita Riyani, Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Sumber Daya Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Tapin, mengatakan penjual anakan ikan di Pasar Keraton dan Pasar Lama Binuang merupakan pembeli.

Ello Laporkan MeMiles ke Polda Metro Jaya Sebelum Diperiksa, Ada Kerugian Materil dan Inmateril

Sprei di Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina yang Ditempati Syahnaz & Jeje Disorot, Lihat Harganya!

KEMEWAHAN Gelaran Lamaran Anak Haji Isam Pengusaha Terkaya Kalsel, Lihat Penampakan Rumah Pribadinya

Tabiat Asli Suami Ussy Dibongkar Iis Dahlia Saat Konflik Nikita Mirzani & Andhika Pratama Kian Panas

"Alasan mereka tidak mengetahui kalau menjual anakan ikan itu dilarang Pemerintah. Kami melaksanakan sosialiasi dan imbauan kalau penjual anakan ikan masuk kategori ilegal fishing," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Kamis (16/1/2020).

Dari pengakuan penjual anakan ikan, mereka membeli dari para pencari ikan di wilayah Desa Masta dan Desa Gadung.

Sedangkan penjual anakan ikan di Pasar Lama Binuang diperoleh dari pencari ikan di Kelurahan Raya Belanti, Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin.

"Wilayah perairan sungai di Kelurahan Raya Belanti itu belum kami kunjungi. Informasi yang disampaikan aktivitas mencari ikan di Kelurahan Raya Belanti yang paling banyak memasok anakan ikan di Pasar Lama Binuang," katanya.

Hernita Riyani mengaku tidak menyita anakan ikan itu dari para penjual karena kondisi ikannya sudah banyak yang stress dan mati.

Diduga anakan ikan itu ditangkap dan dijual para pencari ikan setelah satu hari ditangkap, kemudian dijual kepada para pengempul di Pasar Lama Binuang.

"Biasanya seperti tahun kemarin, anakan ikan yang dijual di pasar itu kami sita untuk dilepasliarkan kembali ke Sungai. Kondisi anak ikan tidak segar, banyak yang stress dan mati sehingga tigak kami sita," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/ tar)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved