Berita Tanahbumbu

Andre Minta DLH Secepatnya Realisasikan Santunan dan Bibit Ikan yang Dituntut Nelayan

Andre meminta Dinas Lingkungan Hidup DLH) Tanahbumbu segeranya merealisasikan pemberian santunan kepada nelayan terdampak pencemaran.

Andre Minta DLH Secepatnya Realisasikan Santunan dan Bibit Ikan yang Dituntut Nelayan
istimewa
20191016nelayan. ikan ditemukan mati saat kejadian tercamarnya air sungai Satui, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Tanahbumbu ikan ditemukan mati saat kejadian tercamarnya air sungai Satui, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui, Tanahbumbu 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Ketua Komisi 3 DPRD Tanahbumbu Andre Atma Maulani akhirnya angkat bicara terkait dampak pencemaran sungai Satui, Desa Sungai Danau, Kecamatan Satui Tanahbumbu beberapa waktu lalu.

Kepada banjarmasinpost.co.id di kantor DPRD Tanahbumbu, Andre meminta Dinas Lingkungan Hidup DLH) Tanahbumbu segeranya merealisasikan pemberian santunan kepada nelayan terdampak. Selama sungai tercemar nelayan mengalami kerugian, karena tidak bisa melakukan aktivitas.

Tak cuma itu, Andre pun miminta penggantian bibit ikan dan udang yang juga menjadi tuntutan nelayan untuk segeranya direalisasikan.

"Sudah koordinasi dengan DLH Tanahbumbu. Mereka (DLH) saat ini sedang persiapan. Mudahan bisa secepatnya," harap Andre kepada banjarmasinpost.co.id.

NEWSVIDEO : Tak Punya Ruang Kelas, Belasan Anak di Pelosok Balangan Terpaksa Belajar di Bawah Terpal

Mau Pipis ke Toilet, Bocah 12 Tahun di Banjarmasin Disambut Semburan Bisa Kobra 1,5 Meter

Video Pernikahan Sule Viral Pasca Lina Meninggal, Foto Ayah Rizky Febian Akad dengan Wanita Beredar

Nagita Slavina Diterjang Badai Salju Hingga Takut, Kepanikan Raffi Ahmad Saat Merry Alami Hal Ini

Terpisah, Andre menyinggung Tanahbumbu agak mengalami kendala terkait penanganan menjadi indikator pencemaran. Karena menyangkut lintas wilaya (Tanahbumbu-Tanahlaut) sehingga menjadi kewenangan pihak Provinsi.

"Ya, memang tetap harus dituntaskan," pungkas Andre kepada banjarmasinpost.co.id.

Sebelumnya diberitakan, Muhammad Zaki, salah satu nelayan sempat mempertanyakan pemberian santunan dan penggantian bibit udang/ikan yang dijanjikan pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup.

Warga kembali menemukan ikan mati di sungai Satui yang tercemar kegiatan tambang batu di wilayah Tanahlaut yang berbatasan dengan Tanahbumbu.
Warga kembali menemukan ikan mati di sungai Satui yang tercemar kegiatan tambang batu di wilayah Tanahlaut yang berbatasan dengan Tanahbumbu. (istimewa)

Zaki selain menuntut janji, namun juga mendesak pihak-pihak terkait di Kabupaten Tanahbumbu untuk mengambil langkah penanganan yang menjadi penyebab tercemarnya sungai Satui.

Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani Beri Tali Asih ke Penderita Hidrosefalus di Kecamatan Aluh-aluh

Api Lalap Lima Buah Rumah di Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalsel

Sprei di Kamar Raffi Ahmad & Nagita Slavina yang Ditempati Syahnaz & Jeje Disorot, Lihat Harganya!

Harapan adanya langkah kongkret pemerintah daerah, sehingga sungai Satui yang kali kedua tercemar tidak lagi terulang

Selain sungai tempat nelayan dan keluarga menggantungkan hidup. Tapi sungai Satui, selama ini sumber air baku PDAM yang melayani ribuan jiwa.

(banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved