Berita Kalteng

Antisipasi Kecurangan Perhitungan Suara Pemilu, KPU Kalteng Gandeng Perguruan Tinggi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah melakukan antisipasi dini meminimalisir kemungkinan kecurangan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan

Antisipasi Kecurangan Perhitungan Suara Pemilu, KPU Kalteng Gandeng Perguruan Tinggi
tribunkalteng.com/fathurahman
Rapat koordinasi potensi sengketa hukum dan kode etik perilaku penyelenggara Pilgub Kalteng tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, Kamis (16/1/2020) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah melakukan antisipasi dini meminimalisir kemungkinan kecurangan pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kalimantan Tengah mendatang.

Dalam rapat koordinasi potensi sengketa hukum dan kode etik perilaku penyelenggara Pilgub Kalteng tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, Kamis (16/1/2020) memandang perlu menggandeng perguruan tinggi merekrut anggota KPPS dan PPS untuk Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim.

Kegiatan menjelang pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng dan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) tersebut juga mengundang para tokoh masyarakat dan tokoh agama, tokoh pemuda, dan perguruan tinggi, serta mahasiswa untuk turut serta mensukseskan Pemilu di Kalteng.

Penampakan Sederet Mobil Mewah Milik Bos Jiwasraya yang Disita Kejagung, Ada Seharga Rp 1,8 Miliar

Helmy Yahya Diberhentikan sebagai Dirut TVRI? Kementerian Kominfo: Saya Malah Belum Dengar!

Video Pernikahan Sule Viral Pasca Lina Meninggal, Foto Ayah Rizky Febian Akad dengan Wanita Beredar

Anggota DKPP RI, H Alfitra Salam, dalam kegiatan tersebut, bicara soal DKPP dan Konstitusional Etik, Kerawanan dalam Pilgub Kalteng, antara lain, saat perhitungan suara di PPS maupun KPPS, sehingga ini harus menjadi perhatian KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara Pilkada di Kalteng.

Dia mengingatkan kepada penyelenggara Pilkada untuk bekerja secara profesional dan tidak main mata dengan kontestan Pilkada, agar pelaksanaan Pilgub maupun Pulbup di Kalteng berjalan dengan baik jurdil sehingga hasilnya legitimet.

"Kerawanan itu sangat mungkin terjadi saat perhitungan suara hasil pencoblosan di PPS atau KPPS. Ini harus diantisipasi sejak dini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng H Harmain Ibrohim, mengatakan, pihaknya akan menggandeng Perguruan tinggi dan lembaga- lembaga lainnya melakukan seleksi anggota PPS dan KPPS tersebut.

"Kami berharap Petugas KPPS atau PPS bisa lebih selektif lagi, sehingga perekrutannya menggandeng lembaga kredibel," ujarnya.

banjarmasinpost. co / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved