Berita Tanahbumbu

NEWSVIDEO : Nurul Annisa Siswi SLBN Kotabaru Raih Juara 2 Nasional Literasi Cerita Bergambar Kartun

NEWSVIDEO : Nurul Annisa Siswi SLBN Kotabaru Raih Juara 2 Nasional Literasi Cerita Bergambar Kartun

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Nurul Anisa, adalah seorang penyandang ketunaan yakni tuna Rungu (tidak mendengar dan tidak bisa berbicara). Dia adalah mudid Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kotabaru.

Sesekali, saat tidak melihat gurunya harus diberi kode, dengan menepuk lantai. Setelah itu, baru berkomunikasi dengan menggunakan bahasa isyarat yang sering digunakan.

Namun siapa sangka, anak yang mengalami ketunaan ini, telah menorehkan prestasi ditingkat Nasional. Dia bersama dengan sejumlah siswa lainnya telah banyak mengukir prestasi baik itu dilingkup Provinsi hingga Nasional.

Banyak hasil karya siswa siswi di SLBN Kotabaru ini, baik itu dari kerajinan menjahit, membuat hiasan, membuat lukisan, pot bunga dari kerang, hiasan dari kerang, musik hingga desaigner dan salon.

NEWSVIDEO : Mengunjungi Makam Raja Banjar Pertama Sultan Suriansyah, Destinasi Religi di Banjarmasin

Sambil Kuliah, Bisnis Jastip Jadi Ladang Pendapatan Mahasiswa, Barang yang Dijastip Fashion Branded

Kisah Rizky Febian Merasa Ditipu Lina Terungkap, Anak Sule Diperlakukan Istri Teddy Begini

Pemilik Sebenarnya Harta Nikita Mirzani Terbongkar Pasca Umbar Aib Suami Ussy, Andhika Pratama

Artis Pengirim Santet ke Ashanty Disinggung, Ibu Sambung Aurel Hermansyah Ditarget Mati Perlahan


Nah belum lama tadi, siswa yang sudah berada di tingkat SMP di SLBN ini yakni Nurul telah menjadi Juara 2 Nasional di Jakarta di Lomba Literasi bidang cerita bergambar dengan peserta dari semua provinsi di Indonesia.

Diajang Festival dan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta, Nurul Annisa menjadi terbaik 2. Dia pun merasa senang karena bisa bersaing di tingkat Nasional pada 25 - 29 Juni 2019 lalu.

Saat Banjarmasinpost.co.id mengunjungi sekolahnya, Kamis (16/1/2020), Nurul tampak malu-malu. Bersama guru pendamping yakni Noor Rastiawati, memperlihatkan karya anak-anak didiknya.

Senyum manis diperlihatkan anak berkebutuhan khusus ini, bersama sejumlah rekannya. Menurut gurunya, memang perlu ketelatenan dan kesabadan mengajar mereka. Namun dengan kemauan, semuanya bisa dijalani.

Bakat dari Nurul Annisa memang sudah terlihat saat dia suka menggambar. Bahkan lukisan-lukisannya juga sempat ditawari Dinas Pendidikan Provinsi dan Taman Budaya untuk ditampilkan.

"Alhmdulillah, prestasi anak-anak di SLBN Kotabaru ini cukup membaggakan sekali. Walaupun mereka tidak normal seperti kita, tapi mereka punya kelebihan yang tidak semua orang miliki termasuk orang normal lainnya," katanya.

Bukan itu saja, belum lama tadi, Nurul juga melukis wajah Bupati Kotabaru beserta Istri yang kemudian diserahkannya langsung ke Bupati. Itu salah satu momen membanggakan bagi Nurul.

Selain Nurul, Noor Rastiawati juga menyebutkan siswanya yang berprestasi Juara 1 menari di FLS2N 2017 oleh Rica Aulia (Tuna Rungu) dan Guntur Arianto (Tuna rungu) di ajang LKSN 2018 sebgai Juara 1 menjahit se Kalsel.

Sekadar diketahui, di SLBN Kotabaru merupakan sekolah yang terdiri dari SD, SMP dan SMA. Sementara total keselurah muridnya ada sebanyak 115 siswa.

(banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved