Public Services

Puluhan Tahun Tidak Dimutasi, Apakah Jabatan Kapsek Seumur Hidup?

Apakah setelah di bawah kewenangan provinsi masa jabatan kepsek menjadi seumur hidup? Terima kasih.

Puluhan Tahun Tidak Dimutasi, Apakah Jabatan Kapsek Seumur Hidup?
Humas Pemkab Tabalong
Wakil Bupati Tabalong H Mawardi melantik dan mengambil sumpah 99 kepala SMP, SD dan Taman Kanak-Kanak (TK) di Pendopo Bersinar, Kamis (26/12/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Yth Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel. Kami mau bertanya tentang masa jabatan Kepsek SMA dan SMK, karena banyak yang sudah puluhan tahun tidak dimutasi. Apakah setelah di bawah kewenangan provinsi masa jabatan kepsek menjadi seumur hidup? Terima kasih. +6283142003906

Tanggapan
Yth Saudara Penanya. Menurut Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan NOMOR 26017/B.B1.3/HK/2018 tentang Petunjuk Teknis Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah (hal 17 tentang penjelasan Perdirjen GTK dimaksud), periodisasi Jabatan Kepala Sekolah adalah 4 (Empat Tahun) dan dapat diperpanjang masa penugasannya sebanyak 3 periode (12 tahun) sebagai batas maksimal jabatan Kepala Sekolah.

Banjarmasin Post edisi Jumat (171/2020).
Banjarmasin Post edisi Jumat (171/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Penugasan Kepala Sekolah berdasarkan hasil penilaian prestasi kerja setiap tahun dengan sebutan paling rendah “Baik”, jika penilaian prestasi kerja tidak mencapai dengan sebutan paling rendah “Baik”, Kepala Sekolah yang bersangkutan tidak dapat diperpanjang masa tugasnya sebagai Kepala Sekolah. Kepala Sekolah dapat diperpanjang penugasannya untuk periode keempat setelah melalui uji Kompetensi. Pelaksanaan uji Kompetensi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Perlu Saudara ketahui, beberapa waktu yang lalu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan telah melantik Kepala Sekolah yang baru berdasarkan proyeksi kebutuhan Kepala Sekolah di lapangan. Secara administratif, proses pengusulan sampai dengan pelantikan sudah sesuai dengan peraturan perundang undangan.

Termasuk pelaksanaan Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang diminta datanya oleh Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan nomor surat 3874/B18/PP/2019 perihal Informasi Uji Kompetensi Kepala Sekolah. Usul pelaksanaan uji kompetensi kepala sekolah sudah kami kirim per tanggal 19 agustus 2019. Demikian jawaban kami.

H Abdul Rahim SSos MPd, Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Prov Kalsel.

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved