Berita HST

Masih Ada Desa di HST Tidak Ada SD, Disdik Atasi dengan Sekolah Filial

Desa Mangga Jaya Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten HST belum ada sekolah dasar. Sekolah dasar terdekat hanya ada di Desa Aing Bantai.

Hanani
ilustrasi-Orangtua dan siswa menolak sekolah mereka dibubarkan maupun dijadikan sekolah filial, meski kini Disdik HST memasukkan sekolah ini sebagai salah satu sekolah yang layak digabung karena masih kekuangan siswa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Kondisi pendidikan daerah terpencil di Kabupaten Hulu Sungai Tengah masih belum merata.

Buktinya di Kawasan Desa Mangga Jaya Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten HST belum ada sekolah dasar. Sekolah dasar terdekat hanya ada di Desa Aing Bantai.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST, Chairiah, kondisi pendidikan di daerah terpencil bisa terlaksana dengan adanya SD kecil atau filial seperti di Desa Mindai Kecamatan Batang Alai Timur dan Desa Papagaran Kecamatan Hantakan.

Selain itu, untuk pemerataan pendidikan teranyar Kabupaten HST mendapat  batuan pemerintah pusat lewat Kemendikbud bantuan unit sekolah baru di SDN 4 Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan.

Bahkan, sekolah ini baru diresmikan tertanggal 14 Januari lalu.

RSUD Kintap Belum Terima Pasien BPJS, Dinkes Tanahlaut : Tunggu 6 Bulan

Dua Paket Sabu Gagal Edar di Kawasan Lapangan Dwi Dharma Rantau, Pengedarnya Diciduk Polisi

Pemilik Sebenarnya Harta Nikita Mirzani Terbongkar Pasca Umbar Aib Suami Ussy, Andhika Pratama

VIRAL, Pembeli Marah-marah saat Bayar Rp 800 Ribu Setelah Makan 2 Ekor Ayam, Pemilik RM Berjanji Ini

Jarak terdekat SD dari Haruyan Dayak yakni di Kundan tepatnya di SDN 3 Haruyan Dayak. Tak tanggung-tanggung jaraknya mencapai tujuh kilometer.

Dibangun di lahan hibah seluas 3 ribu meter persegi, SDN Haruyan Dayak 4 kini memiliki enam kelas. Sebelumnya, SDN 4 Haruyan Dayak merupakan filalial dari SDN 3 Haruyan Dayak.

Namun, hingga sekarang yang terisi hanya kelas 1 dan kelas 2. Totalnya ada 31 siswa dengan rincian kelas 1 sebanyak 18 siswa dan kelas 2 ada 13 siswa. 

SD yang diresmikan merupakan Bantuan Unit Sekolah Baru (USB) program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah menggunakan APBN

Bantuan Unit Sekolah Baru SDN 4 Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan dilaksanakan secara swakelola dengan nilai bantuan sebesar  Rp 2.021.846.000 dikerjakan mulai bulan April 2019 hingga Oktober 2019 lalu. 

NEWSVIDEO : Nurul Annisa Siswi SLBN Kotabaru Raih Juara 2 Nasional Literasi Cerita Bergambar Kartun

Sambil Kuliah, Bisnis Jastip Jadi Ladang Pendapatan Mahasiswa, Barang yang Dijastip Fashion Branded

Kisah Rizky Febian Merasa Ditipu Lina Terungkap, Anak Sule Diperlakukan Istri Teddy Begini

Tak hanya ruang kelas, sekolah ini juga dilengkapi dengan rumah dinas guru, lapangan upacara, lapangan olahraga, serta pagar sekolah.

"Untuk pemenuhan hak pendidikan di daerah terpencil lainnya bisa lewat paket atau pendidikan masyarakat," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id/eka  pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved