Berita Kotabaru

Siswi Tunarungu di Kotabaru Ini Pandai Bercerita, Guru Pukul Lantai Hingga Bergetar Sebagai Isyarat

Sesekali sang guru menepuk lantai. Merasa lantai bergetar, Nurul Anisa pun mengarahkan pandangannya ke arah sang guru

Siswi Tunarungu di Kotabaru Ini Pandai Bercerita, Guru Pukul Lantai Hingga Bergetar Sebagai Isyarat
youtube banjarmasin post news video
Nurul Annisa Siswi SLBN Kotabaru Raih Juara 2 Nasional Literasi Cerita Bergambar Kartun 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Sesekali sang guru menepuk lantai. Merasa lantai bergetar, Nurul Anisa pun mengarahkan pandangannya ke arah sang guru. Maklum Nurul mengalami tunarungu yakni tidak bisa mendengar dan tidak bisa berbicara.

Nurul adalah siswi Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kotabaru. Untuk menimba ilmu, dia dan sang guru berbagi bahasa isyarat baik menggunakan gerakan tangan, bibir dan tubuh. Jika siswi SMP ini sedang tak memperhatikan, sang guru pun menepuk lantai.

Kendati memiliki keterbatasan, siapa sangka, Nurul kerap menorehkan prestasi di tingkat provinsi dan nasional. Salah satunya, saat mengikuti Festival dan Literasi Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta pada 25-29 Juni 2019, Nurul meraih juara 2 nasional lomba cerita bergambar.

VIRAL, Pembeli Marah-marah saat Bayar Rp 800 Ribu Setelah Makan 2 Ekor Ayam, Pemilik RM Berjanji Ini

Cuma Hidangkan Indomie, Sekali Lagi Indomie, Restoran Ini Sukses di Malaysia dan Singapura

HEBOH! 4 Pohon Kurma Ini Dikira Warga Pohon Salak, Anehnya Berbuah saat Hujan Tidak Seperti di Arab

Prestasi juga kerap diraih rekan-rekannya. Banyak karya pelajar SLBN Kotabaru ini yang mengagumkan seperti kerajinan menjahit, hiasan, lukisan, pot bunga dari kerang, hiasan dari kerang, musik dan busana. Itu dirasakan BPost saat berkunjung, Kamis (16/1).

BPost pun diajak guru, Noor Rastiawati, menemui sejumlah pelajar, termasuk Nurul.

Menurut Rastiawati, memang perlu ketelatenan dan kesabadan mengajar mereka. Namum dengan kemauan, semuanya bisa dijalani.

Mengenai prestasi Nurul, Rastiawati mengatakan bakatnya memang terlihat. Dia suka menggambar. Bahkan sejumlah lukisannya ditampilkan Dinas Pendidikan Kalsel dan Taman Budaya Kalsel dalam sejumlah ajang.

Belum lama ini, Nurul juga melukis wajah Bupati Kotabaru Sayed Jafar Al-Idrus serta istri. Lukisan telah diserahkannya secara langsung kepada bupati.

Selain Nurul, temannya Rica Aulia yang juga tunarungu meraih prestasi nasional. Rica juara pertama menari pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2017. Sedangkan

Guntur Arianto, yang juga tunarungu meraih juara pertama menjahit di ajang Lomba Keterampilan Siswa Nasional (LKSN) 2018 tingkat Kalsel.

“Alhamdulillah, prestasi anak-anak SLBN Kotabaru ini cukup membanggakan. Walaupun mereka tidak normal seperti kita, tapi mereka punya kelebihan yang tidak semua orang miliki termasuk orang normal lainnya,” kata Rastiawati.

Untuk diketahui, SLBN Kotabaru merupakan sekolah yang terdiri atas SD, SMP dan SMA. Saat ini total siswanya ada 115 orang. (BANJARMASINPOST.CO.ID/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved