Berita Banjar

Haul ke-15 Guru Sekumpul, Sebanyak 23.988 Personil Disiapkan

Persiapan pelaksanaan haul ke-15 Syech Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul terus dimatangkan. 23.988 personil siap amankan haul.

Haul ke-15 Guru Sekumpul, Sebanyak 23.988 Personil Disiapkan
Humas Pemkab Banjar/Yani
Pelaksanaan Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau dikena Abah Guru Sekumpul di Mushala Ar-Raudah Sekumpul Martapura yang puncaknya pada Minggu (10/3) sehabis Salat Maghrib berjalan lancar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Persiapan pelaksanaan haul ke-15 Syech Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul terus dimatangkan. Pelaksanaan digelar dari tanggal 29 Februari 2020 dan puncaknya 1 Maret 2020.

Kapolres Banjar AKBP Andri Koko Prabowo S.I.K.,MH melalui Kasubbag Humas polres banjar Iptu H. Suwarji SE MM mengatakan data kekuatan personil yang diturunkan dalam pelaksanaan haul, sebanyak 23.988 personil yang terdiri dari Polres Banjar sebanyak 573 personil, TNI sebanyak 400 personil, Satpol pp dan Damkar sebanyak 550 personil, Dishub sebanyak 150 personil, Dinkes sebanyak 1100 personil, Relawan PLN sebanyak 170 personil, BPBD 25 personil, Senkom 20 personil.

Selain itu juga Polres Banjar mendapatkan back up dari Polda Kalsel sebanyak 775 personil. Pihak Polres Banjar juga menyiapkan sarana dan prasarana yaitu Ambulance dua unit, perahu air dua unit, Roda dua patroli 104 unit, sepeda patroli 15 unit, Roda empat penluh keliling Binmas dua unit, AWC/Rantis 1 unit, Roda empat patroli 18 unit, Trafic cone 25 unit dan alat komunikasi HT 224 unit.

Dia juga menjelaskan haul Abah Guru Sekumpul tahun ini disiapkan beberapa titik kantong parkir untuk data sementara telah ada 350 lokasi kantong parkir sesuai arah kedatangan jemaah, yakni jemaah arah Banjarmasin menempati lokasi parkir berwarna merah, jemaah dari Hulu Sungai menempati lokasi parkir warna biru dan Jemaah dari Tanah Laut menempati lokasi parkir warna kuning. Semua disamakan dengan warna stiker yang ada pada kendaraan nantinya.

“Sementara ini terdata 138 lokasi posko relawan dan sub posko relawan sebanyak 120 tersebar di daerah strategis di Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Bikin Resah Warga Palangkaraya, Pembalap Liar Kocar-Kacir Lihat Polisi

Polsek Lontar Cokok Pengedar Sabu, Seorang Pelaku Kabur Ketika Akan Diperiksa

Urusan Ranjang Disinggung, Ahmad Dhani Bikin Mulan Jameela Geleng Kepala, Eks Maia Ungkap Soal Rindu

VIRAL Video PNS Kepergok Mesum dalam Mobil, Karena Malu Tancap Gas Tabrak Satpam Solo Paragon Mall

Diimbau agar para jamaah memasang stiker asal daerah masing-masing dan menyertakan no hp distiker tersebut di kaca depan agar terlihat oleh petugas haul dan dapat dihubungi pihak panitia no yang tertera jika terjadi kendaraan yang tak diambil pemiliknya dikarenakan pemilik lupa lokasi parkir.

Dari Posko Induk Sekumpul H Abdel Rahman mengatakan jumlah sementara rambu-rambu yang akan dipasang berjumlah kurang lebih 230 buah, ini belum termasuk jalur baru yang akan dipakai yang nantinya juga memerlukan rambu-rambu. "Kita berharap para jamaah dapat mentaati rambu-rambu tersebut,” katanya.

Sementara itu, H Faishal menyampaikan guna melayani jamaah dari luar daerah yang menginap, Posko Induk Sekumpul telah mendata penginapan-penginapan, rumah-rumah, musholla atau mesjid serta tempat-tempat lainnya yang nantinya dijadikan tempat menginap sementara para jemaah Haul baik itu bersifat gratis ataupun berbayar.

“Tempat-tempat tersebut dapat dilihat pada website www.arraudhah-sekumpul.com, segala bentuk informasi telah disediakan insyaAllah di website tersebut,” kata H Faishal.

Para jamaah juga dianjurkan memasang stiker asal daerah masing-masing dan menyertakan no hp di stiker tersebut di kaca depan agar terlihat oleh petugas haul

Warna biru adalah stiker untuk digunakan jamaah yang melintasi atau berasal dari Hulu Sungai, Muara Teweh,Buntok, Ampah dan Kal-Tim (via Jalan A. yani Hulu sungai atau via jalan margasari jembatan sei. puting /Marabahah atau disebut Sayap Kiri).

Sosok Pemesan Vanessa Angel & Avriellia di Kasus Prostitusi Artis Akhirnya Dibongkar ke Hotman Paris

Spot Foto Selfi Miniatur Kapal di Gunung Mayang Oke Banget, Backgroundnya Langsung ke Laut

Hasil Autopsi Lina, Mantan Istri Sule Disinggung, Polisi Ungkap Perkembangan Kasus Ibu Rizky Febian

Warna merah adalah stiker untuk digunakan jamaah yang melintasi atau berasal dari Banjarmasin, Banjarbaru, Palangkaraya, Kal-Bar, Kapuas serta Sei. Tabuk

Sedangkan warna kuning adalah Stiker untuk digunakan jamaah yang melintasi atau berasal dari Bati-bati, Pelaihari, Batulicin, Kota Baruserta Kali-Tim(via jalan A.yani Pelaihari atau Grogot) atau disebut Sayap Kanan.

Setidaknya sudah ada 96 dapur umum yang telah terdata. Untuk data dapur umum ini, nantinya akan terus bertambah dan akan terus diperbarui datanya sampai H-7. Dari data sementara, 96 dapur umum tersebut, yang paling jauh berada di Karangintan dan Dalam Pagar. (banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved