Berita Kabupaten Banjar

Si 'Mungkal' Jadi Juara Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Desa Kiram

Durian peserta dari Kabupaten Tanahlaut berhasil meraih banyak juara dalam Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Desa Kiram

Si 'Mungkal' Jadi Juara Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Desa Kiram
istimewa/dinas tanam pangan perkebunan dan hortikultura tala
Pemilik durian si mungkal yang menjadi juara satu kontes durian provinsi Kalsel di Kiram 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Durian peserta dari Kabupaten Tanahlaut berhasil meraih banyak juara dalam Kontes Durian Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Desa Kiram Kecamatan Karangintan Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1).

“Alhamdulillah dapat enam juara,” kata Kadis Tanam Pangan Perkebunan dan Hortikultura Tanahlaut, Achmad Mustahdi.

Prestasi yang diraih Tanahlaut yakni juara satu dan juara dua durian unggul lokal. Selain itu juara harapan satu, juara harapan dua, juara favorit satu dan juara favorit dua.

Juara satu diraih durian Si Mungkal dari Desa Asam-asam Jorong yang saat kontes durian di Tanahlaut menjadi juara harapan satu. Sedangkan juara dua yakni Si Tangkai Panjang dari Bentok Darat yang saat kontes meraih juara satu.

VIRAL Video PNS Kepergok Mesum dalam Mobil, Karena Malu Tancap Gas Tabrak Satpam Solo Paragon Mall

VIRAL, Pembeli Marah-marah saat Bayar Rp 800 Ribu Setelah Makan 2 Ekor Ayam, Pemilik RM Berjanji Ini

Jadwal Liverpool Vs Man United Liga Inggris Malam Ini - Setan Merah Dibayangi Kejayaan Masa Lalu

“Insya Allah, Senin (20/1) pagi bakal dirayakan di Pelaihari,” katanya.

Kontingen Tanahlaut membawa semua juara durian dalam kontes durian di Pelaihari beberapa waktu lalu. Mulai dari juara satu hingga juara harapan dan favorit.

Tak hanya peserta, ribuan warga datang memadati lapangan Kiram Park untuk menyaksikan Festival Durian yang diadakan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalsel.

Tidak tanggung-tanggung panitia menyediakan 43 ribu durian yang didatangkan dari beberapa daerah di Kalsel. Durian-durian tersebut disediakan gratis untuk warga.

Si Palui : Hanyar Ba-HP

Banjarmasin Post edisi Minggu (19/1/2020).
Banjarmasin Post edisi Minggu (19/1/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Acara yang diselingi musik itu dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin. Ini merupakan festival kedua setelah tahun lalu.

Sesaat setelah dibuka, warga langsung menyerbu meja-meja yang penuh durian. Sejumlah petugas terlihat membagikan durian dari dalam truk kepada warga.

Selain durian, festival juga diisi pameran buah-buah langka dan unik. Paman Birin berharap durian dan buah-buah lokal Kalsel lainnya bisa menjadi sumber daya alam terbarukan yang mampu menunjang perekonomian Kalsel dan mensejahterakan rakyat Kalsel. (banjarmasinpost.co.id/rii/lis)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved