Bumi Antaludin

Tanggapi 2 Raperda Inisiatif DPRD, Bupati Pun Menyimak Pandangan Fraksi Atas 4 Raperda Pemkab HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry, menyampaikan tanggapannya atas dua rancangan peraturan daerah (Raperda() yang diajukan atas Inisiatif DPRD HSS.

Tanggapi 2 Raperda Inisiatif DPRD, Bupati Pun Menyimak Pandangan Fraksi Atas 4 Raperda Pemkab HSS
protokol dan kehumasan pemkab hss
Bupati HSS H Achmad Fikry saat memberikan tanggapan atas dua raperda inisiatif yang diajukan DPRD HSS. 

 BANJARAMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Bupati Hulu Sungai Selatan  H  Achmad Fikry, menyampaikan tanggapannya atas dua rancangan peraturan daerah (Raperda()  yang diajukan atas Inisiatif DPRD HSS, Jumat, (17/1/ 2020).

Raperda tersebut adalah tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak dan Raperda tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin.

 Fikry mengatakan, Kabupaten Layak Anak adalah Kabupaten dengan pembangunan berbasis hak anak. Hal tersebut dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam program pemenuhan hak anak.

 Memenuhi hak anak tersebut, Bupati menyatakan,  perlu ada sistem penyelenggaran pemenuhannya yang melibatkan lintas pemangku kepentingan antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. 

Sedangkan terkait bantuan hukum bagi masyarkat miskin, Fikry menyebut, tujuannya  meringankan beban biaya yang ditanggung masyarakat ketika berhadapan dengan masalah hukum atau proses hukum.

 “Baik di dalam atau di luar pengadilan. Masyarakat miskin juga berhak memperoleh pembelaan dan perlindungan hukum. Sedangkan dalam aspek kesadaran hukum diharapkan program ini  meningkatakan kesadaran hukum masyarakat. Kami sangat mendukung raperda inisiatif DPRD HSS ini,”kata Fikry.

Wakil Ketua DPRD HSS Modi Maualidi dan HA Kusasi serta Bupati HSS saat sidang paripurna tanggapan BUpati HSS atas dua Raperda inisiatif DPRD dan Pandangan Fraksi-fraksi atas empat raperda yang diajukan Pemkab HSS.
Wakil Ketua DPRD HSS Modi Maualidi dan HA Kusasi serta Bupati HSS saat sidang paripurna tanggapan BUpati HSS atas dua Raperda inisiatif DPRD dan Pandangan Fraksi-fraksi atas empat raperda yang diajukan Pemkab HSS. (protokol dan kehumasan pemkab hss)

Namun dia mengingatkan, agar terlebih dahulu melakukan kajian aspek hukum, melibatkan pihak terkait serta aspek lainnya sebagaimana diatur perundang-undangan.

 Sebelumnya, enam fraksi di DPRD HSS, yaitu Fraksi PKS, Fraksi Gerindara-PAN, Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi PKB dan Fraksi Nasdem menyampaikan pandangan umum terhadap empat Raperda yang diajukan Pemkab HSS.

Pada  sidang Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD HSS Modi Maulidi didampingi HA Kusasi tersebut, semua fraksi menyatakan setuju empat raperda yang diajukan tersebut dibahas lebih lanjut hingga nantinya disahkan menjadi Perda HSS.

Bupati HSS usai sidang paripurna terkait Raperda bersalaman dengan sejumlah aggota DPRD.
Bupati HSS usai sidang paripurna terkait Raperda bersalaman dengan sejumlah aggota DPRD. (protokol dan kehumasan pemkab hss)

 Adapun Raperda dimaksud adalah tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawanan Pemukiman, tentang Pemberdayaan serta Perlindungan Koperasi Dan Usaha Mikro, tentang Perubahan Perangkat Daerah serta Raperda tentang Perubahan Retribusi Jasa dan Usaha.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved