Berita Kabupaten Banjar

Masyarakat Desa Tambakbaru Ulu Kini Nikmati Air Bersih Tak Lagi Menggunakan Air Sungai

Kepala Desa Tambak Baru Ulu Syaipulah Rahman mengaku bersyukur, masyarakat kini bisa nikmati air bersih dari yang sebelumnya harus menggunakan air

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kepala Desa Tambak Baru Ulu Syaipulah Rahman mengaku bersyukur, masyarakat kini bisa nikmati air bersih dari yang sebelumnya harus menggunakan air sungai.

Penantian masyarakat di Desa Tambak Baru Ulu, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, untuk menikmati air bersih berakhir, menyusul program uji fungsi dan serah terima program Pamsimas III tahun anggaran 2019.

“Hingga hari ini kurang lebih 100 sambungan yang terdiri dengan 400 jiwa di tahap pertama sudah disalurkan, sekarang masyarakat sudah dapat mengkonsumsi air bersih dari saluran Pamsimas ini,” ujar Kepala Desa Tambak Baru Ulu Syaipulah Rahman.

Dijelaskan Syaipulah sebelum adanya Pamsimas, masyarakat Desa Tambak Baru Ulu terpaksa menggunakan air sungai.

Akhirnya Aurel Minta Restu Ashanty & Anang Hermansyah untuk Menikah, Putri Krisdayanti dengan Atta?

Kakek Tewas Meringkuk Menahan Lapar, Keluarga Gotong Mayat Pakai Sarung karena Tak Dipinjami Ambulan

Kasus MeMiles Bakal Menjaring 15 Artis Ibu Kota, Setelah Pinkan Mambo Polisi Panggil Siti Badriah

Pamsimas sistem plat baja, punya fungsi sama dengan yang ada di Desa Jejangkit Timur, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala.

Dirancang langsung oleh Muamar, salah seorang kepala desa sekaligus pencetus inovasi yang sukses ke Sumatera hingga Papua.

Ditambahkan Syaipulah, sistem Pamsimas yang dialirkan kepada warga ini pembayarannya hanya dipungut biaya Rp 4.000 permeter kubik.

Sementara hasil pembayaran setiap warga akan digunakan untuk pengembangan, biaya operasional dan perawatan.

“Di Desa Tambak Baru Ulu ini sebenarnya ada sebanyak 359 kepala keluarga, sisanya akan kita salurkan air bersih dari program Pamsimas secara bertahap,” kata dia.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Banjar Irwan Jaya, mengatakan, pembangunan insfrastruktur untuk tandon air di Desa Tambak Baru Ulu ini bisa bermanfaat dan mengubah prilaku warga yang memanfaatkan air sungai untuk konsumsi.

“Pemerintah daerah juga telah memasangkan sambungan untuk 100 rumah warga, semoga dapat menjadi pemasukan bagi desa. Retribusi yang ditarik dari penggunaan air ini dapat disesuaikan dengan kemampuan masyarakat,” jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved